Minggu, 12 Januari 2020

Tugas KMKG Kelas XII

Jawablah pertanyaan berikut dikomentar!!!
(Jangan lupa tuliskan Nama dan Kelas)

Tes Formatif 1.
1. Tuliskan definisi kompas magnit ?
2. Jelaskan Jenis-jenis kompas?
3. Jelaskan penempatan kompas di kapal sesuai dengan fungsinya?


Tes Formatif 2.
1. Sebutkan bagian-bagian dan fungsi kompas magnit?
2. Sebutkan ciri-ciri kompas yang kurang baik?
3. Jelaskan cara perawatan kompas magnit dan bagian-bagiannya?






NB: Pastikan browser anda sudah terhubung dengan gmail!






Selamat Mengerjakan!


43 komentar:

  1. Assalamualaikum Tes formatur 1. Nama adeAdeira kelas12 nkpi2 1)Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi. 2)Kompas terbagi menjadi 3 jenis yaitu kompas orientering (kompas silva), kompas bidik (kompas prisma), serta kompas biasa. Kompas jenis bidik atau disebut juga sebagai kompas prisma, berfungsi untuk mempermudah serta menghitung sudut sasaran bidik suatu tempat ataupun benda secara langsung. 3)Kompas di kapal digunaka para pelaut untuk menunjukan arah dan di tempatkan di ruang kemudi untuk mencari arah mata angin. Tes formatur 2. 1)Bagian-Bagian dan Fungsi maknet
    Dial : Permukaan diaman tertera angka/huruf seperti jam.
    Visir : Pembidik Sasaran.
    Kaca Pembesar : Untuk melihat sasaran dan angka pada Dial.
    Jam Penunjuk : Menunjukkan lokasi magnet bumi.
    Tutup Dial : Dengan 2 garis bersudut 450 dan dapat diputar-putar. 2)Kompas di kapal digunaka para pelaut untuk menunjukan arah dan di tempatkan di ruang kemudi untuk mencari arah mata angin. 3) A. biasanya kompas magnetik harus ditutupi dengan topi kompas (kompas standar harus ditutupi dengan Luo Jingtao).

    B. menyimpan cairan dalam baskom yang jernih dan transparan dan menghilangkan gelembung.

    C. menjaga poros rol, poros cincin Changping dilumasi, dan rotasi fleksibel.

    D. secara berkala memeriksa sensitivitas setengah siklus kompas, dan mengembalikan cairan bila diperlukan.

    E. Tidak ada benda magnet yang harus diletakkan di dekat kompas. Seharusnya tidak menyimpan kompas dalam suhu tinggi dan lingkungan getaran untuk waktu yang lama.

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum nama Adeirawan kelas12 nkpi2nkpi formatur 1. 1)Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi. 2)Kompas terbagi menjadi 3 jenis yaitu kompas orientering (kompas silva), kompas bidik (kompas prisma), serta kompas biasa. Kompas jenis bidik atau disebut juga sebagai kompas prisma, berfungsi untuk mempermudah serta menghitung sudut sasaran bidik suatu tempat ataupun benda secara langsung. 3)Kompas di kapal digunaka para pelaut untuk menunjukan arah dan di tempatkan di ruang kemudi untuk mencari arah mata angin. Tes formatur 2. 1)Bagian-Bagian dan Fungsi maknet
    Dial : Permukaan diaman tertera angka/huruf seperti jam.
    Visir : Pembidik Sasaran.
    Kaca Pembesar : Untuk melihat sasaran dan angka pada Dial.
    Jam Penunjuk : Menunjukkan lokasi magnet bumi.
    Tutup Dial : Dengan 2 garis bersudut 450 dan dapat diputar-putar. 2)Kompas di kapal digunaka para pelaut untuk menunjukan arah dan di tempatkan di ruang kemudi untuk mencari arah mata angin. 3) A. biasanya kompas magnetik harus ditutupi dengan topi kompas (kompas standar harus ditutupi dengan Luo Jingtao).

    B. menyimpan cairan dalam baskom yang jernih dan transparan dan menghilangkan gelembung.

    C. menjaga poros rol, poros cincin Changping dilumasi, dan rotasi fleksibel.

    D. secara berkala memeriksa sensitivitas setengah siklus kompas, dan mengembalikan cairan bila diperlukan.

    E. Tidak ada benda magnet yang harus diletakkan di dekat kompas. Seharusnya tidak menyimpan kompas dalam suhu tinggi dan lingkungan getaran untuk waktu yang lama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : JEFRI AGUS ISWANTO
      KELAS : XII NKPI 2

      Formatif 1

      1. 1)Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi.

      2)Kompas terbagi menjadi 3 jenis yaitu kompas orientering (kompas silva), kompas bidik (kompas prisma), serta kompas biasa. Kompas jenis bidik atau disebut juga sebagai kompas prisma, berfungsi untuk mempermudah serta menghitung sudut sasaran bidik suatu tempat ataupun benda secara langsung.

      3)Kompas di kapal digunaka para pelaut untuk menunjukan arah dan di tempatkan di ruang kemudi untuk mencari arah mata angin.

      Tes formatur 2

      1)Bagian-Bagian dan Fungsi maknet
      Dial : Permukaan diaman tertera angka/huruf seperti jam.
      Visir : Pembidik Sasaran.
      Kaca Pembesar : Untuk melihat sasaran dan angka pada Dial.
      Jam Penunjuk : Menunjukkan lokasi magnet bumi.
      Tutup Dial : Dengan 2 garis bersudut 450 dan dapat diputar-putar.

      2)Kompas di kapal digunaka para pelaut untuk menunjukan arah dan di tempatkan di ruang kemudi untuk mencari arah mata angin.

      3) A. biasanya kompas magnetik harus ditutupi dengan topi kompas (kompas standar harus ditutupi dengan Luo Jingtao).

      B. menyimpan cairan dalam baskom yang jernih dan transparan dan menghilangkan gelembung.

      C. menjaga poros rol, poros cincin Changping dilumasi, dan rotasi fleksibel.

      D. secara berkala memeriksa sensitivitas setengah siklus kompas, dan mengembalikan cairan bila diperlukan.

      E. Tidak ada benda magnet yang harus diletakkan di dekat kompas. Seharusnya tidak menyimpan kompas dalam suhu tinggi dan lingkungan getaran untuk waktu yang lama.

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum Tes formatur 1. Nama Mardianto kelas12 nkpi1 1)Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi. 2)Kompas terbagi menjadi 3 jenis yaitu kompas orientering (kompas silva), kompas bidik (kompas prisma), serta kompas biasa. Kompas jenis bidik atau disebut juga sebagai kompas prisma, berfungsi untuk mempermudah serta menghitung sudut sasaran bidik suatu tempat ataupun benda secara langsung. 3)Kompas di kapal digunaka para pelaut untuk menunjukan arah dan di tempatkan di ruang kemudi untuk mencari arah mata angin. Tes formatur 2. 1)Bagian-Bagian dan Fungsi maknet
    Dial : Permukaan diaman tertera angka/huruf seperti jam.
    Visir : Pembidik Sasaran.
    Kaca Pembesar : Untuk melihat sasaran dan angka pada Dial.
    Jam Penunjuk : Menunjukkan lokasi magnet bumi.
    Tutup Dial : Dengan 2 garis bersudut 450 dan dapat diputar-putar. 2)Kompas di kapal digunaka para pelaut untuk menunjukan arah dan di tempatkan di ruang kemudi untuk mencari arah mata angin. 3) A. biasanya kompas magnetik harus ditutupi dengan topi kompas (kompas standar harus ditutupi dengan Luo Jingtao).

    B. menyimpan cairan dalam baskom yang jernih dan transparan dan menghilangkan gelembung.

    C. menjaga poros rol, poros cincin Changping dilumasi, dan rotasi fleksibel.

    D. secara berkala memeriksa sensitivitas setengah siklus kompas, dan mengembalikan cairan bila diperlukan.

    E. Tidak ada benda magnet yang harus diletakkan di dekat kompas. Seharusnya tidak menyimpan kompas dalam suhu tinggi dan lingkungan getaran untuk waktu yang lama.

    BalasHapus
  5. Nama :M Minhazul ikhya
    Kelas:12 nkpi
    1.)Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi. 2)Kompas terbagi menjadi 3 jenis yaitu kompas orientering (kompas silva), kompas bidik (kompas prisma), serta kompas biasa. Kompas jenis bidik atau disebut juga sebagai kompas prisma, berfungsi untuk mempermudah serta menghitung sudut sasaran bidik suatu tempat ataupun benda secara langsung. 3)Kompas di kapal digunaka para pelaut untuk menunjukan arah dan di tempatkan di ruang kemudi untuk mencari arah mata angin. Tes formatur 2. 1)Bagian-Bagian dan Fungsi maknet
    Dial : Permukaan diaman tertera angka/huruf seperti jam.
    Visir : Pembidik Sasaran.
    Kaca Pembesar : Untuk melihat sasaran dan angka pada Dial.
    Jam Penunjuk : Menunjukkan lokasi magnet bumi.
    Tutup Dial : Dengan 2 garis bersudut 450 dan dapat diputar-putar. 2)Kompas di kapal digunaka para pelaut untuk menunjukan arah dan di tempatkan di ruang kemudi untuk mencari arah mata angin. 3) A. biasanya kompas magnetik harus ditutupi dengan topi kompas (kompas standar harus ditutupi dengan Luo Jingtao).

    B. menyimpan cairan dalam baskom yang jernih dan transparan dan menghilangkan gelembung.

    C. menjaga poros rol, poros cincin Changping dilumasi, dan rotasi fleksibel.

    D. secara berkala memeriksa sensitivitas setengah siklus kompas, dan mengembalikan cairan bila diperlukan.

    E. Tidak ada benda magnet yang harus diletakkan di dekat kompas. Seharusnya tidak menyimpan kompas dalam suhu tinggi dan lingkungan getaran untuk waktu yang lama.

    Balas

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Nama :Achmad Tri Yuli
    Kelas:XII NKPI 1
    1.)Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi. 2)Kompas terbagi menjadi 3 jenis yaitu kompas orientering (kompas silva), kompas bidik (kompas prisma), serta kompas biasa. Kompas jenis bidik atau disebut juga sebagai kompas prisma, berfungsi untuk mempermudah serta menghitung sudut sasaran bidik suatu tempat ataupun benda secara langsung. 3)Kompas di kapal digunaka para pelaut untuk menunjukan arah dan di tempatkan di ruang kemudi untuk mencari arah mata angin. Tes formatur 2. 1)Bagian-Bagian dan Fungsi maknet
    Dial : Permukaan diaman tertera angka/huruf seperti jam.
    Visir : Pembidik Sasaran.
    Kaca Pembesar : Untuk melihat sasaran dan angka pada Dial.
    Jam Penunjuk : Menunjukkan lokasi magnet bumi.
    Tutup Dial : Dengan 2 garis bersudut 450 dan dapat diputar-putar. 2)Kompas di kapal digunaka para pelaut untuk menunjukan arah dan di tempatkan di ruang kemudi untuk mencari arah mata angin. 3) A. biasanya kompas magnetik harus ditutupi dengan topi kompas (kompas standar harus ditutupi dengan Luo Jingtao).

    B. menyimpan cairan dalam baskom yang jernih dan transparan dan menghilangkan gelembung.

    C. menjaga poros rol, poros cincin Changping dilumasi, dan rotasi fleksibel.

    D. secara berkala memeriksa sensitivitas setengah siklus kompas, dan mengembalikan cairan bila diperlukan.

    E. Tidak ada benda magnet yang harus diletakkan di dekat kompas. Seharusnya tidak menyimpan kompas dalam suhu tinggi dan lingkungan getaran untuk waktu yang lama.

    BalasHapus
  8. Nama:Nurul iman
    Kelas:XII NKPI 1
    1.)Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi. 2)Kompas terbagi menjadi 3 jenis yaitu kompas orientering (kompas silva), kompas bidik (kompas prisma), serta kompas biasa. Kompas jenis bidik atau disebut juga sebagai kompas prisma, berfungsi untuk mempermudah serta menghitung sudut sasaran bidik suatu tempat ataupun benda secara langsung. 3)Kompas di kapal digunaka para pelaut untuk menunjukan arah dan di tempatkan di ruang kemudi untuk mencari arah mata angin. Tes formatur 2. 1)Bagian-Bagian dan Fungsi maknet
    Dial : Permukaan diaman tertera angka/huruf seperti jam.
    Visir : Pembidik Sasaran.
    Kaca Pembesar : Untuk melihat sasaran dan angka pada Dial.
    Jam Penunjuk : Menunjukkan lokasi magnet bumi.
    Tutup Dial : Dengan 2 garis bersudut 450 dan dapat diputar-putar. 2)Kompas di kapal digunaka para pelaut untuk menunjukan arah dan di tempatkan di ruang kemudi untuk mencari arah mata angin. 3) A. biasanya kompas magnetik harus ditutupi dengan topi kompas (kompas standar harus ditutupi dengan Luo Jingtao).

    B. menyimpan cairan dalam baskom yang jernih dan transparan dan menghilangkan gelembung.

    C. menjaga poros rol, poros cincin Changping dilumasi, dan rotasi fleksibel.

    D. secara berkala memeriksa sensitivitas setengah siklus kompas, dan mengembalikan cairan bila diperlukan.

    E. Tidak ada benda magnet yang harus diletakkan di dekat kompas. Seharusnya tidak menyimpan kompas dalam suhu tinggi dan lingkungan getaran untuk waktu yang lama.

    BalasHapus
  9. Nama : Abdillah
    Kelas : 12 NKPI 1


    TES FORMATIF 1
    1) kompas magnet
    = Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi
    2) jenis-jenis kompas
    kompas kering
    kompas magnetkering adalah pedoman magnet dimana batang-batang magnet dipasang sejajar satu sama lain dan digantungkan dibawah mawar pedoman dengan menggunakan benang sutera, sehingga dapat bergerak bebas secara horizontal.
    kompas basah
    Pada kompas basah atau pedoman basah ini piring pedoman berada di dalam zat cair. Untuk itu ketel pedoman harus benar-benar kedap air dan konstruksinya lebih kuat dibanding pedoman magnet kering.
    Fungsi cairan adalah untuk meredam getaran-getaran kapal sehingga piringan lebih tenang. Selain itu dapat mengurangi kemungkinan kerusakan pada semat, dan mawar pedoman.
    3) Pedoman Tolok ( Standart Compass ) diletakkan di atas anjungan, digunakan untuk membaring benda diluar kapal, penempatannya diusahakan tidak terhalang oleh bagian-bagian kapal sehingga dapat digunakan pada busur 360 derajat. Pedoman ini digunakan sebagai patokan bagi pedoman magnet lainnya.
    Pedoman Kemudi ( Steering Compass ) diletakkan di depan roda kemudi, sehingga juru mudi dapat melihat setiap saat pada waktu mengemudikan kapal. letak tepat dibawah pedoman standart agar juru mudi mudah memeriksa perbedaan antara pedoman tolok dan pedoman kemudi
    Pedoman Cadangan ( Spare Compass ), berfungsi untuk mengganti salah satu pedoman tolok atau pedoman kemudi bila terdapat kerusakan secara fisik


    TES FORMATIF 2
    1)bagian kompas magnet-1. Ketel Pedoman
    2. Piringan Pedoman
    3. Batangan Magnit
    4. Pelampung5. Pemberat
    6. Cairan ( Alkohol 25 % dan Air Suling 75 % )
    7. Cincin Kardanus (Cincin Lenja)8. Batang Semat
    9. Tempat dudukan alat baring (Pesawat Penjera Celah)
    10. Kaca Penutupfungsi kompas
    fungsi kompas magnetmembaring suatu benda dan menentukan arah haluan kapal secara akurat sesuai magnetis bumi
    2) 1. Harus ringan, sungkup piringan pedoman bagian bawahnya harus licin.
    2. Tidak memiliki kesalahan kolimasi.
    3. Pembagian derajatnya harus jelas, sehingga mudah dibaca dan dibuat secara teratur.
    4. Besarnya piringan pedoman harus seimbang dengan besarnya ketel pedoman.
    5. Piringan pedoman harus tenang namun peka.
    6. Waktu ayun piringan pedoman harus cukup besar, yaitu minimum 14 detik agar tidak terjadi sinkronisasi dengan olengan kapal.

    3) 1. Ketel pedoman tidak boleh mengandung magnit.
    2. Pada saat kapal dalam keadaan diam, maka tutup kaca bening dibagian atas harus dalam keadaan datar.
    3. Posisi ketel pedoman tidak boleh menyentuh bagian-bagian pedoman lain, sehingga setiap saat bagian-bagian dalam pedoman dapat mengayun dengan bebas.
    4. Semat atau pasak pedoman harus benar-benar terpasang vertical ditengah-tengah ketel pedoman.
    5. Tuas untuk menempatkan pesawat baring harus tepat dititik pusat Garis layar tepat pada bidang lunas linggi kapal.

    Cara memeriksa ketepatan garis layar :
    1. Buatlah sebuah tonggak dan berdirikan dibidang lunas linggi didepan pedoman pada jarak yang cukup, misalnya diujung haluan.
    2. Baringlah tonggak tersebut dan pada saat yang sama lihatlah penunjukkan skala derajat oleh garis layar.
    3. Bila kedua penunjukkan adalah sama berarti garis layar telah tepat.

    BalasHapus
  10. Nama:MAULANA
    Kelas:12 NKPI 1
    menjawab:
    FORMATIF 1.
    1.Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi.

    2).Kompas terbagi menjadi 3 jenis yaitu kompas orientering (kompas silva), kompas bidik (kompas prisma), serta kompas biasa. Kompas jenis bidik atau disebut juga sebagai kompas prisma, berfungsi untuk mempermudah serta menghitung sudut sasaran bidik suatu tempat ataupun benda secara langsung.

    3).Kompas di kapal digunaka para pelaut untuk menunjukan arah dan di tempatkan di ruang kemudi untuk mencari arah mata angin.

    TES FORMATIF 2.

    1).Bagian-Bagian dan Fungsi maknet
    Dial : Permukaan diaman tertera angka/huruf seperti jam.
    Visir : Pembidik Sasaran.
    Kaca Pembesar : Untuk melihat sasaran dan angka pada Dial.
    Jam Penunjuk : Menunjukkan lokasi magnet bumi.
    Tutup Dial : Dengan 2 garis bersudut 450 dan dapat diputar-putar.

    2).Kompas di kapal digunaka para pelaut untuk menunjukan arah dan di tempatkan di ruang kemudi untuk mencari arah mata angin.

    3). A. biasanya kompas magnetik harus ditutupi dengan topi kompas (kompas standar harus ditutupi dengan Luo Jingtao).

    B. menyimpan cairan dalam baskom yang jernih dan transparan dan menghilangkan gelembung.

    C. menjaga poros rol, poros cincin Changping dilumasi, dan rotasi fleksibel.

    D. secara berkala memeriksa sensitivitas setengah siklus kompas, dan mengembalikan cairan bila diperlukan.

    E. Tidak ada benda magnet yang harus diletakkan di dekat kompas. Seharusnya tidak menyimpan kompas dalam suhu tinggi dan lingkungan getaran untuk waktu yang lama

    BalasHapus
  11. Nama :Achamd Tri Yuli
    Kelas:XII NKPI 1
    TES FORMATIF 2
    1)bagian kompas magnet-1. Ketel Pedoman
    2. Piringan Pedoman
    3. Batangan Magnit
    4. Pelampung5. Pemberat
    6. Cairan ( Alkohol 25 % dan Air Suling 75 % )
    7. Cincin Kardanus (Cincin Lenja)8. Batang Semat
    9. Tempat dudukan alat baring (Pesawat Penjera Celah)
    10. Kaca Penutupfungsi kompas
    fungsi kompas magnetmembaring suatu benda dan menentukan arah haluan kapal secara akurat sesuai magnetis bumi
    2) 1. Harus ringan, sungkup piringan pedoman bagian bawahnya harus licin.
    2. Tidak memiliki kesalahan kolimasi.
    3. Pembagian derajatnya harus jelas, sehingga mudah dibaca dan dibuat secara teratur.
    4. Besarnya piringan pedoman harus seimbang dengan besarnya ketel pedoman.
    5. Piringan pedoman harus tenang namun peka.
    6. Waktu ayun piringan pedoman harus cukup besar, yaitu minimum 14 detik agar tidak terjadi sinkronisasi dengan olengan kapal.

    3) 1. Ketel pedoman tidak boleh mengandung magnit.
    2. Pada saat kapal dalam keadaan diam, maka tutup kaca bening dibagian atas harus dalam keadaan datar.
    3. Posisi ketel pedoman tidak boleh menyentuh bagian-bagian pedoman lain, sehingga setiap saat bagian-bagian dalam pedoman dapat mengayun dengan bebas.
    4. Semat atau pasak pedoman harus benar-benar terpasang vertical ditengah-tengah ketel pedoman.
    5. Tuas untuk menempatkan pesawat baring harus tepat dititik pusat Garis layar tepat pada bidang lunas linggi kapal.

    Cara memeriksa ketepatan garis layar :
    1. Buatlah sebuah tonggak dan berdirikan dibidang lunas linggi didepan pedoman pada jarak yang cukup, misalnya diujung haluan.
    2. Baringlah tonggak tersebut dan pada saat yang sama lihatlah penunjukkan skala derajat oleh garis layar.
    3. Bila kedua penunjukkan adalah sama berarti garis layar telah tepat.

    BalasHapus
  12. Nama : TEGUH WIBOWO
    Kelas : 12 NKPI 2

    Tes formatif 1

    1)Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi.

    2)Kompas terbagi menjadi 3 jenis yaitu kompas orientering (kompas silva), kompas bidik (kompas prisma), serta kompas biasa. Kompas jenis bidik atau disebut juga sebagai kompas prisma, berfungsi untuk mempermudah serta menghitung sudut sasaran bidik suatu tempat ataupun benda secara langsung.

    3)Kompas di kapal digunaka para pelaut untuk menunjukan arah dan di tempatkan di ruang kemudi untuk mencari arah mata angin.

    Tes formatur 2

    1)Bagian-Bagian dan Fungsi maknet
    Dial : Permukaan diaman tertera angka/huruf seperti jam.
    Visir : Pembidik Sasaran.
    Kaca Pembesar : Untuk melihat sasaran dan angka pada Dial.
    Jam Penunjuk : Menunjukkan lokasi magnet bumi.
    Tutup Dial : Dengan 2 garis bersudut 450 dan dapat diputar-putar.

    2)Kompas di kapal digunaka para pelaut untuk menunjukan arah dan di tempatkan di ruang kemudi untuk mencari arah mata angin.

    3) A. biasanya kompas magnetik harus ditutupi dengan topi kompas (kompas standar harus ditutupi dengan Luo Jingtao).

    B. menyimpan cairan dalam baskom yang jernih dan transparan dan menghilangkan gelembung.

    C. menjaga poros rol, poros cincin Changping dilumasi, dan rotasi fleksibel.

    D. secara berkala memeriksa sensitivitas setengah siklus kompas, dan mengembalikan cairan bila diperlukan.

    E. Tidak ada benda magnet yang harus diletakkan di dekat kompas. Seharusnya tidak menyimpan kompas dalam suhu tinggi dan lingkungan getaran untuk waktu yang lama.

    BalasHapus
  13. Assalamualaikum
    Muhamad Tengku Riswanda
    12nkpi2
    Jawaban:
    TES FORMATIF 1
    1) kompas magnet
    = Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi
    2) jenis-jenis kompas
    kompas kering
    kompas magnetkering adalah pedoman magnet dimana batang-batang magnet dipasang sejajar satu sama lain dan digantungkan dibawah mawar pedoman dengan menggunakan benang sutera, sehingga dapat bergerak bebas secara horizontal.
    kompas basah
    Pada kompas basah atau pedoman basah ini piring pedoman berada di dalam zat cair. Untuk itu ketel pedoman harus benar-benar kedap air dan konstruksinya lebih kuat dibanding pedoman magnet kering.
    Fungsi cairan adalah untuk meredam getaran-getaran kapal sehingga piringan lebih tenang. Selain itu dapat mengurangi kemungkinan kerusakan pada semat, dan mawar pedoman.
    3) Pedoman Tolok ( Standart Compass ) diletakkan di atas anjungan, digunakan untuk membaring benda diluar kapal, penempatannya diusahakan tidak terhalang oleh bagian-bagian kapal sehingga dapat digunakan pada busur 360 derajat. Pedoman ini digunakan sebagai patokan bagi pedoman magnet lainnya.
    Pedoman Kemudi ( Steering Compass ) diletakkan di depan roda kemudi, sehingga juru mudi dapat melihat setiap saat pada waktu mengemudikan kapal. letak tepat dibawah pedoman standart agar juru mudi mudah memeriksa perbedaan antara pedoman tolok dan pedoman kemudi
    Pedoman Cadangan ( Spare Compass ), berfungsi untuk mengganti salah satu pedoman tolok atau pedoman kemudi bila terdapat kerusakan secara fisik


    TES FORMATIF 2
    1)bagian kompas magnet-1. Ketel Pedoman
    2. Piringan Pedoman
    3. Batangan Magnit
    4. Pelampung5. Pemberat
    6. Cairan ( Alkohol 25 % dan Air Suling 75 % )
    7. Cincin Kardanus (Cincin Lenja)8. Batang Semat
    9. Tempat dudukan alat baring (Pesawat Penjera Celah)
    10. Kaca Penutupfungsi kompas
    fungsi kompas magnetmembaring suatu benda dan menentukan arah haluan kapal secara akurat sesuai magnetis bumi
    2) 1. Harus ringan, sungkup piringan pedoman bagian bawahnya harus licin.
    2. Tidak memiliki kesalahan kolimasi.
    3. Pembagian derajatnya harus jelas, sehingga mudah dibaca dan dibuat secara teratur.
    4. Besarnya piringan pedoman harus seimbang dengan besarnya ketel pedoman.
    5. Piringan pedoman harus tenang namun peka.
    6. Waktu ayun piringan pedoman harus cukup besar, yaitu minimum 14 detik agar tidak terjadi sinkronisasi dengan olengan kapal.

    3) 1. Ketel pedoman tidak boleh mengandung magnit.
    2. Pada saat kapal dalam keadaan diam, maka tutup kaca bening dibagian atas harus dalam keadaan datar.
    3. Posisi ketel pedoman tidak boleh menyentuh bagian-bagian pedoman lain, sehingga setiap saat bagian-bagian dalam pedoman dapat mengayun dengan bebas.
    4. Semat atau pasak pedoman harus benar-benar terpasang vertical ditengah-tengah ketel pedoman.
    5. Tuas untuk menempatkan pesawat baring harus tepat dititik pusat Garis layar tepat pada bidang lunas linggi kapal.

    Cara memeriksa ketepatan garis layar :
    1. Buatlah sebuah tonggak dan berdirikan dibidang lunas linggi didepan pedoman pada jarak yang cukup, misalnya diujung haluan.
    2. Baringlah tonggak tersebut dan pada saat yang sama lihatlah penunjukkan skala derajat oleh garis layar.
    3. Bila kedua penunjukkan adalah sama berarti garis layar telah tepat.

    BalasHapus
  14. Nama ;M Minhazul Ikhya
    Kelas;12 nkpi 1

    TES FORMATIF 2
    1)bagian kompas magnet-1. Ketel Pedoman
    2. Piringan Pedoman
    3. Batangan Magnit
    4. Pelampung5. Pemberat
    6. Cairan ( Alkohol 25 % dan Air Suling 75 % )
    7. Cincin Kardanus (Cincin Lenja)8. Batang Semat
    9. Tempat dudukan alat baring (Pesawat Penjera Celah)
    10. Kaca Penutupfungsi kompas
    fungsi kompas magnetmembaring suatu benda dan menentukan arah haluan kapal secara akurat sesuai magnetis bumi
    2) 1. Harus ringan, sungkup piringan pedoman bagian bawahnya harus licin.
    2. Tidak memiliki kesalahan kolimasi.
    3. Pembagian derajatnya harus jelas, sehingga mudah dibaca dan dibuat secara teratur.
    4. Besarnya piringan pedoman harus seimbang dengan besarnya ketel pedoman.
    5. Piringan pedoman harus tenang namun peka.
    6. Waktu ayun piringan pedoman harus cukup besar, yaitu minimum 14 detik agar tidak terjadi sinkronisasi dengan olengan kapal.

    3) 1. Ketel pedoman tidak boleh mengandung magnit.
    2. Pada saat kapal dalam keadaan diam, maka tutup kaca bening dibagian atas harus dalam keadaan datar.
    3. Posisi ketel pedoman tidak boleh menyentuh bagian-bagian pedoman lain, sehingga setiap saat bagian-bagian dalam pedoman dapat mengayun dengan bebas.
    4. Semat atau pasak pedoman harus benar-benar terpasang vertical ditengah-tengah ketel pedoman.
    5. Tuas untuk menempatkan pesawat baring harus tepat dititik pusat Garis layar tepat pada bidang lunas linggi kapal.

    Cara memeriksa ketepatan garis layar :
    1. Buatlah sebuah tonggak dan berdirikan dibidang lunas linggi didepan pedoman pada jarak yang cukup, misalnya diujung haluan.
    2. Baringlah tonggak tersebut dan pada saat yang sama lihatlah penunjukkan skala derajat oleh garis layar.
    3. Bila kedua penunjukkan adalah sama berarti garis layar telah tepat.

    Balas

    BalasHapus
  15. NAMA : AKHMAD ZAENUSSOBAH
    KELAS: XII NKPI 1

    TUGAS FORMATIF 1
    1).Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi.

    2).Kompas terbagi menjadi 3 jenis yaitu kompas orientering (kompas silva), kompas bidik (kompas prisma), serta kompas biasa. Kompas jenis bidik atau disebut juga sebagai kompas prisma, berfungsi untuk mempermudah serta menghitung sudut sasaran bidik suatu tempat ataupun benda secara langsung.

    3).Kompas di kapal digunaka para pelaut untuk menunjukan arah dan di tempatkan di ruang kemudi untuk mencari arah mata angin.

    TUGAS FORMATIF 2
    1).Bagian-Bagian dan Fungsi maknet
    Dial : Permukaan diaman tertera angka/huruf seperti jam.
    Visir : Pembidik Sasaran.
    Kaca Pembesar : Untuk melihat sasaran dan angka pada Dial.
    Jam Penunjuk : Menunjukkan lokasi magnet bumi.
    Tutup Dial : Dengan 2 garis bersudut 450 dan dapat diputar-putar.

    2).Kompas di kapal digunaka para pelaut untuk menunjukan arah dan di tempatkan di ruang kemudi untuk mencari arah mata angin.

    3). A. biasanya kompas magnetik harus ditutupi dengan topi kompas (kompas standar harus ditutupi dengan Luo Jingtao).

    B. menyimpan cairan dalam baskom yang jernih dan transparan dan menghilangkan gelembung.

    C. menjaga poros rol, poros cincin Changping dilumasi, dan rotasi fleksibel.

    D. secara berkala memeriksa sensitivitas setengah siklus kompas, dan mengembalikan cairan bila diperlukan.

    E. Tidak ada benda magnet yang harus diletakkan di dekat kompas. Seharusnya tidak menyimpan kompas dalam suhu tinggi dan lingkungan getaran untuk waktu yang lama

    BalasHapus
    Balasan
    1. TES FORMATIF 2
      1)bagian kompas magnet-1. Ketel Pedoman
      2. Piringan Pedoman
      3. Batangan Magnit
      4. Pelampung5. Pemberat
      6. Cairan ( Alkohol 25 % dan Air Suling 75 % )
      7. Cincin Kardanus (Cincin Lenja)8. Batang Semat
      9. Tempat dudukan alat baring (Pesawat Penjera Celah)
      10. Kaca Penutupfungsi kompas
      fungsi kompas magnetmembaring suatu benda dan menentukan arah haluan kapal secara akurat sesuai magnetis bumi
      2) 1. Harus ringan, sungkup piringan pedoman bagian bawahnya harus licin.
      2. Tidak memiliki kesalahan kolimasi.
      3. Pembagian derajatnya harus jelas, sehingga mudah dibaca dan dibuat secara teratur.
      4. Besarnya piringan pedoman harus seimbang dengan besarnya ketel pedoman.
      5. Piringan pedoman harus tenang namun peka.
      6. Waktu ayun piringan pedoman harus cukup besar, yaitu minimum 14 detik agar tidak terjadi sinkronisasi dengan olengan kapal.

      3) 1. Ketel pedoman tidak boleh mengandung magnit.
      2. Pada saat kapal dalam keadaan diam, maka tutup kaca bening dibagian atas harus dalam keadaan datar.
      3. Posisi ketel pedoman tidak boleh menyentuh bagian-bagian pedoman lain, sehingga setiap saat bagian-bagian dalam pedoman dapat mengayun dengan bebas.
      4. Semat atau pasak pedoman harus benar-benar terpasang vertical ditengah-tengah ketel pedoman.
      5. Tuas untuk menempatkan pesawat baring harus tepat dititik pusat Garis layar tepat pada bidang lunas linggi kapal.

      Cara memeriksa ketepatan garis layar :
      1. Buatlah sebuah tonggak dan berdirikan dibidang lunas linggi didepan pedoman pada jarak yang cukup, misalnya diujung haluan.
      2. Baringlah tonggak tersebut dan pada saat yang sama lihatlah penunjukkan skala derajat oleh garis layar.
      3. Bila kedua penunjukkan adalah sama berarti garis layar telah tepat.

      Hapus
    2. TES FORMATIF 2
      1)bagian kompas magnet-1. Ketel Pedoman
      2. Piringan Pedoman
      3. Batangan Magnit
      4. Pelampung5. Pemberat
      6. Cairan ( Alkohol 25 % dan Air Suling 75 % )
      7. Cincin Kardanus (Cincin Lenja)8. Batang Semat
      9. Tempat dudukan alat baring (Pesawat Penjera Celah)
      10. Kaca Penutupfungsi kompas
      fungsi kompas magnetmembaring suatu benda dan menentukan arah haluan kapal secara akurat sesuai magnetis bumi
      2) 1. Harus ringan, sungkup piringan pedoman bagian bawahnya harus licin.
      2. Tidak memiliki kesalahan kolimasi.
      3. Pembagian derajatnya harus jelas, sehingga mudah dibaca dan dibuat secara teratur.
      4. Besarnya piringan pedoman harus seimbang dengan besarnya ketel pedoman.
      5. Piringan pedoman harus tenang namun peka.
      6. Waktu ayun piringan pedoman harus cukup besar, yaitu minimum 14 detik agar tidak terjadi sinkronisasi dengan olengan kapal.

      3) 1. Ketel pedoman tidak boleh mengandung magnit.
      2. Pada saat kapal dalam keadaan diam, maka tutup kaca bening dibagian atas harus dalam keadaan datar.
      3. Posisi ketel pedoman tidak boleh menyentuh bagian-bagian pedoman lain, sehingga setiap saat bagian-bagian dalam pedoman dapat mengayun dengan bebas.
      4. Semat atau pasak pedoman harus benar-benar terpasang vertical ditengah-tengah ketel pedoman.
      5. Tuas untuk menempatkan pesawat baring harus tepat dititik pusat Garis layar tepat pada bidang lunas linggi kapal.

      Cara memeriksa ketepatan garis layar :
      1. Buatlah sebuah tonggak dan berdirikan dibidang lunas linggi didepan pedoman pada jarak yang cukup, misalnya diujung haluan.
      2. Baringlah tonggak tersebut dan pada saat yang sama lihatlah penunjukkan skala derajat oleh garis layar.
      3. Bila kedua penunjukkan adalah sama berarti garis layar telah tepat.

      Hapus
  16. Nama:Mardianto
    Kelas:12 NKPI 1

    FORMATIF 2
    1)bagian kompas magnet-1. Ketel Pedoman
    2. Piringan Pedoman
    3. Batangan Magnit
    4. Pelampung5. Pemberat
    6. Cairan ( Alkohol 25 % dan Air Suling 75 % )
    7. Cincin Kardanus (Cincin Lenja)8. Batang Semat
    9. Tempat dudukan alat baring (Pesawat Penjera Celah)
    10. Kaca Penutupfungsi kompas
    fungsi kompas magnetmembaring suatu benda dan menentukan arah haluan kapal secara akurat sesuai magnetis bumi
    2) 1. Harus ringan, sungkup piringan pedoman bagian bawahnya harus licin.
    2. Tidak memiliki kesalahan kolimasi.
    3. Pembagian derajatnya harus jelas, sehingga mudah dibaca dan dibuat secara teratur.
    4. Besarnya piringan pedoman harus seimbang dengan besarnya ketel pedoman.
    5. Piringan pedoman harus tenang namun peka.
    6. Waktu ayun piringan pedoman harus cukup besar, yaitu minimum 14 detik agar tidak terjadi sinkronisasi dengan olengan kapal.

    3) 1. Ketel pedoman tidak boleh mengandung magnit.
    2. Pada saat kapal dalam keadaan diam, maka tutup kaca bening dibagian atas harus dalam keadaan datar.
    3. Posisi ketel pedoman tidak boleh menyentuh bagian-bagian pedoman lain, sehingga setiap saat bagian-bagian dalam pedoman dapat mengayun dengan bebas.
    4. Semat atau pasak pedoman harus benar-benar terpasang vertical ditengah-tengah ketel pedoman.
    5. Tuas untuk menempatkan pesawat baring harus tepat dititik pusat Garis layar tepat pada bidang lunas linggi kapal.

    Cara memeriksa ketepatan garis layar :
    1. Buatlah sebuah tonggak dan berdirikan dibidang lunas linggi didepan pedoman pada jarak yang cukup, misalnya diujung haluan.
    2. Baringlah tonggak tersebut dan pada saat yang sama lihatlah penunjukkan skala derajat oleh garis layar.
    3. Bila kedua penunjukkan adalah sama berarti garis layar telah tepat.

    Perawatan pedoman magnit meliputi :
    1. Perawatan alat dan bagian-bagiannya :
    Bila terjadi gelembung udara cukup banyak atau kedudukan piringan pedoman berubah, cara perawatannya :
    a. Lepaskan pedoman dari rumah pedoman.
    b. Baringkan ketel pedoman pada tempat yang rata.
    c. Buka bagian penyumbatnya (prop) dengan cara diputar.
    d. Keluarkan cairan melalui prop, namun bila hanya terjadi gelembung udara cukup banyak dengan menambahkan campuran alcohol (70 %) dan air (30 %) melalui lubang prop tersebut.
    e. Setelah cairan dikeluarkan, selanjutnya buka sekrup-sekrup yang berada pada tutup ketel pedoman.
    f. Perbaiki bagian-bagian yang rusak atau aus dan ganti bila perlu.
    g. Setelah selesai perbaikan, tutup kembali kaca penutup bagian atasnya dan sekrup yang rapih.
    h. Isi kembali cairan alcohol dan air melalui prop, dan usahakanlah sampai penuh, selanjutnya prop ditutup.
    i. Cek terlebih dahulu apakah masih terdapat gelembung udara dalam ketel tersebut atau tidak ? Bila tidak, kencangkan prop tersebut.
    j. Kembalikan ketel pedoman pada rumah pedoman

    BalasHapus
  17. Nama:MOH Alwi Sihab
    Kelas:12 NKPI 1

    TES FORMATIF 1
    1) kompas magnet
    = Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi
    2) jenis-jenis kompas
    kompas kering
    kompas magnetkering adalah pedoman magnet dimana batang-batang magnet dipasang sejajar satu sama lain dan digantungkan dibawah mawar pedoman dengan menggunakan benang sutera, sehingga dapat bergerak bebas secara horizontal.
    kompas basah
    Pada kompas basah atau pedoman basah ini piring pedoman berada di dalam zat cair. Untuk itu ketel pedoman harus benar-benar kedap air dan konstruksinya lebih kuat dibanding pedoman magnet kering.
    Fungsi cairan adalah untuk meredam getaran-getaran kapal sehingga piringan lebih tenang. Selain itu dapat mengurangi kemungkinan kerusakan pada semat, dan mawar pedoman.
    3) Pedoman Tolok ( Standart Compass ) diletakkan di atas anjungan, digunakan untuk membaring benda diluar kapal, penempatannya diusahakan tidak terhalang oleh bagian-bagian kapal sehingga dapat digunakan pada busur 360 derajat. Pedoman ini digunakan sebagai patokan bagi pedoman magnet lainnya.
    Pedoman Kemudi ( Steering Compass ) diletakkan di depan roda kemudi, sehingga juru mudi dapat melihat setiap saat pada waktu mengemudikan kapal. letak tepat dibawah pedoman standart agar juru mudi mudah memeriksa perbedaan antara pedoman tolok dan pedoman kemudi
    Pedoman Cadangan ( Spare Compass ), berfungsi untuk mengganti salah satu pedoman tolok atau pedoman kemudi bila terdapat kerusakan secara fisik


    TES FORMATIF 2
    1)bagian kompas magnet-1. Ketel Pedoman
    2. Piringan Pedoman
    3. Batangan Magnit
    4. Pelampung5. Pemberat
    6. Cairan ( Alkohol 25 % dan Air Suling 75 % )
    7. Cincin Kardanus (Cincin Lenja)8. Batang Semat
    9. Tempat dudukan alat baring (Pesawat Penjera Celah)
    10. Kaca Penutupfungsi kompas
    fungsi kompas magnetmembaring suatu benda dan menentukan arah haluan kapal secara akurat sesuai magnetis bumi
    2) 1. Harus ringan, sungkup piringan pedoman bagian bawahnya harus licin.
    2. Tidak memiliki kesalahan kolimasi.
    3. Pembagian derajatnya harus jelas, sehingga mudah dibaca dan dibuat secara teratur.
    4. Besarnya piringan pedoman harus seimbang dengan besarnya ketel pedoman.
    5. Piringan pedoman harus tenang namun peka.
    6. Waktu ayun piringan pedoman harus cukup besar, yaitu minimum 14 detik agar tidak terjadi sinkronisasi dengan olengan kapal.

    3) 1. Ketel pedoman tidak boleh mengandung magnit.
    2. Pada saat kapal dalam keadaan diam, maka tutup kaca bening dibagian atas harus dalam keadaan datar.
    3. Posisi ketel pedoman tidak boleh menyentuh bagian-bagian pedoman lain, sehingga setiap saat bagian-bagian dalam pedoman dapat mengayun dengan bebas.
    4. Semat atau pasak pedoman harus benar-benar terpasang vertical ditengah-tengah ketel pedoman.
    5. Tuas untuk menempatkan pesawat baring harus tepat dititik pusat Garis layar tepat pada bidang lunas linggi kapal.

    Cara memeriksa ketepatan garis layar :
    1. Buatlah sebuah tonggak dan berdirikan dibidang lunas linggi didepan pedoman pada jarak yang cukup, misalnya diujung haluan.
    2. Baringlah tonggak tersebut dan pada saat yang sama lihatlah penunjukkan skala derajat oleh garis layar.
    3. Bila kedua penunjukkan adalah sama berarti garis layar telah tepat.

    BalasHapus
  18. Nama:MOH Alwi Sihab
    Kelas:12 NKPI 1

    TES FORMATIF 1
    1) kompas magnet
    = Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi
    2) jenis-jenis kompas
    kompas kering
    kompas magnetkering adalah pedoman magnet dimana batang-batang magnet dipasang sejajar satu sama lain dan digantungkan dibawah mawar pedoman dengan menggunakan benang sutera, sehingga dapat bergerak bebas secara horizontal.
    kompas basah
    Pada kompas basah atau pedoman basah ini piring pedoman berada di dalam zat cair. Untuk itu ketel pedoman harus benar-benar kedap air dan konstruksinya lebih kuat dibanding pedoman magnet kering.
    Fungsi cairan adalah untuk meredam getaran-getaran kapal sehingga piringan lebih tenang. Selain itu dapat mengurangi kemungkinan kerusakan pada semat, dan mawar pedoman.
    3) Pedoman Tolok ( Standart Compass ) diletakkan di atas anjungan, digunakan untuk membaring benda diluar kapal, penempatannya diusahakan tidak terhalang oleh bagian-bagian kapal sehingga dapat digunakan pada busur 360 derajat. Pedoman ini digunakan sebagai patokan bagi pedoman magnet lainnya.
    Pedoman Kemudi ( Steering Compass ) diletakkan di depan roda kemudi, sehingga juru mudi dapat melihat setiap saat pada waktu mengemudikan kapal. letak tepat dibawah pedoman standart agar juru mudi mudah memeriksa perbedaan antara pedoman tolok dan pedoman kemudi
    Pedoman Cadangan ( Spare Compass ), berfungsi untuk mengganti salah satu pedoman tolok atau pedoman kemudi bila terdapat kerusakan secara fisik


    TES FORMATIF 2
    1)bagian kompas magnet-1. Ketel Pedoman
    2. Piringan Pedoman
    3. Batangan Magnit
    4. Pelampung5. Pemberat
    6. Cairan ( Alkohol 25 % dan Air Suling 75 % )
    7. Cincin Kardanus (Cincin Lenja)8. Batang Semat
    9. Tempat dudukan alat baring (Pesawat Penjera Celah)
    10. Kaca Penutupfungsi kompas
    fungsi kompas magnetmembaring suatu benda dan menentukan arah haluan kapal secara akurat sesuai magnetis bumi
    2) 1. Harus ringan, sungkup piringan pedoman bagian bawahnya harus licin.
    2. Tidak memiliki kesalahan kolimasi.
    3. Pembagian derajatnya harus jelas, sehingga mudah dibaca dan dibuat secara teratur.
    4. Besarnya piringan pedoman harus seimbang dengan besarnya ketel pedoman.
    5. Piringan pedoman harus tenang namun peka.
    6. Waktu ayun piringan pedoman harus cukup besar, yaitu minimum 14 detik agar tidak terjadi sinkronisasi dengan olengan kapal.

    3) 1. Ketel pedoman tidak boleh mengandung magnit.
    2. Pada saat kapal dalam keadaan diam, maka tutup kaca bening dibagian atas harus dalam keadaan datar.
    3. Posisi ketel pedoman tidak boleh menyentuh bagian-bagian pedoman lain, sehingga setiap saat bagian-bagian dalam pedoman dapat mengayun dengan bebas.
    4. Semat atau pasak pedoman harus benar-benar terpasang vertical ditengah-tengah ketel pedoman.
    5. Tuas untuk menempatkan pesawat baring harus tepat dititik pusat Garis layar tepat pada bidang lunas linggi kapal.

    Cara memeriksa ketepatan garis layar :
    1. Buatlah sebuah tonggak dan berdirikan dibidang lunas linggi didepan pedoman pada jarak yang cukup, misalnya diujung haluan.
    2. Baringlah tonggak tersebut dan pada saat yang sama lihatlah penunjukkan skala derajat oleh garis layar.
    3. Bila kedua penunjukkan adalah sama berarti garis layar telah tepat.

    BalasHapus
  19. Fery irawan
    12nkpi2
    Formatif 1

    1. 1)Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi.

    2)Kompas terbagi menjadi 3 jenis yaitu kompas orientering (kompas silva), kompas bidik (kompas prisma), serta kompas biasa. Kompas jenis bidik atau disebut juga sebagai kompas prisma, berfungsi untuk mempermudah serta menghitung sudut sasaran bidik suatu tempat ataupun benda secara langsung.

    3)Kompas di kapal digunaka para pelaut untuk menunjukan arah dan di tempatkan di ruang kemudi untuk mencari arah mata angin.

    Tes formatur 2

    1)Bagian-Bagian dan Fungsi maknet
    Dial : Permukaan diaman tertera angka/huruf seperti jam.
    Visir : Pembidik Sasaran.
    Kaca Pembesar : Untuk melihat sasaran dan angka pada Dial.
    Jam Penunjuk : Menunjukkan lokasi magnet bumi.
    Tutup Dial : Dengan 2 garis bersudut 450 dan dapat diputar-putar.

    2)Kompas di kapal digunaka para pelaut untuk menunjukan arah dan di tempatkan di ruang kemudi untuk mencari arah mata angin.

    3) A. biasanya kompas magnetik harus ditutupi dengan topi kompas (kompas standar harus ditutupi dengan Luo Jingtao).

    B. menyimpan cairan dalam baskom yang jernih dan transparan dan menghilangkan gelembung.

    C. menjaga poros rol, poros cincin Changping dilumasi, dan rotasi fleksibel.

    D. secara berkala memeriksa sensitivitas setengah siklus kompas, dan mengembalikan cairan bila diperlukan.

    E. Tidak ada benda magnet yang harus diletakkan di dekat kompas. Seharusnya tidak menyimpan kompas dalam suhu tinggi dan lingkungan getaran untuk waktu yang lama.

    BalasHapus
  20. NAMA : KHOLIDUL FAJAR
    KELAS : 12 NKPI 1

    TES FORMATIF 1
    1.Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi.

    2. Jenis-jenia kompas
    *Kompas Bidik

    Kompas bidik atau prisma memiliki fungsi untuk mempermudahkan proses saat menghitung sudut sasaran bidik ѕеbuаh tempat atau benda. Cara pemakaiannya рun cukup mudah. Yаіtu dеngаn membidikkan kompas secara langsung kе arah sasaran. Proses іnі sekaligus bertujuan untuk membaca sudut sasaran menggunakan skala kompas.

    *Kompas Silva

    Kompas silva atau orienteering аdаlаh kompas уаng memiliki fungsi utama ѕеbаgаі alat untuk mempermudah perhitungan sekaligus alat pembacaan pada peta secara langsung. Badan atau pembungkus kompas silva mеmаng dibuat transparan. Hal іnі agar dараt mempermudah saat membaca peta уаng diletakkan dі bawahnya.

    *Kompas Bіаѕа

    Kompas bіаѕа tentu hаnуа memiliki fungsi dasar saja, уаіtu hаnуа manunjuk arah mata angin saja. Kompas bіаѕа umumnya berukuran 2 kali lebih kecil dаrі jenis kompas lain. Kompas jenis іnі mеmаng paling banyak penggunanya. Sеlаіn lebih mudah membacanya, tentu јugа lebih praktis.

    3.penempatan kompas
    1)bagian kompas magnet-1. Ketel Pedoman
    2. Piringan Pedoman
    3. Batangan Magnit
    4. Pelampung5. Pemberat
    6. Cairan ( Alkohol 25 % dan Air Suling 75 % )
    7. Cincin Kardanus (Cincin Lenja)8. Batang Semat
    9. Tempat dudukan alat baring (Pesawat Penjera Celah)
    10. Kaca Penutupfungsi kompas
    fungsi kompas magnetmembaring suatu benda dan menentukan arah haluan kapal secara akurat sesuai magnetis bumi
    2) 1. Harus ringan, sungkup piringan pedoman bagian bawahnya harus licin.
    2. Tidak memiliki kesalahan kolimasi.
    3. Pembagian derajatnya harus jelas, sehingga mudah dibaca dan dibuat secara teratur.
    4. Besarnya piringan pedoman harus seimbang dengan besarnya ketel pedoman.
    5. Piringan pedoman harus tenang namun peka.
    6. Waktu ayun piringan pedoman harus cukup besar, yaitu minimum 14 detik agar tidak terjadi sinkronisasi dengan olengan kapal.

    3) 1. Ketel pedoman tidak boleh mengandung magnit.
    2. Pada saat kapal dalam keadaan diam, maka tutup kaca bening dibagian atas harus dalam keadaan datar.
    3. Posisi ketel pedoman tidak boleh menyentuh bagian-bagian pedoman lain, sehingga setiap saat bagian-bagian dalam pedoman dapat mengayun dengan bebas.
    4. Semat atau pasak pedoman harus benar-benar terpasang vertical ditengah-tengah ketel pedoman.
    5. Tuas untuk menempatkan pesawat baring harus tepat dititik pusat Garis layar tepat pada bidang lunas linggi kapal.

    Cara memeriksa ketepatan garis layar :
    1. Buatlah sebuah tonggak dan berdirikan dibidang lunas linggi didepan pedoman pada jarak yang cukup, misalnya diujung haluan.
    2. Baringlah tonggak tersebut dan pada saat yang sama lihatlah penunjukkan skala derajat oleh garis layar.
    3. Bila kedua penunjukkan adalah sama berarti garis layar telah tepat.

    Perawatan pedoman magnit meliputi :
    1. Perawatan alat dan bagian-bagiannya :
    Bila terjadi gelembung udara cukup banyak atau kedudukan piringan pedoman berubah, cara perawatannya :
    a. Lepaskan pedoman dari rumah pedoman.
    b. Baringkan ketel pedoman pada tempat yang rata.
    c. Buka bagian penyumbatnya (prop) dengan cara diputar.
    d. Keluarkan cairan melalui prop, namun bila hanya terjadi gelembung udara cukup banyak dengan menambahkan campuran alcohol (70 %) dan air (30 %) melalui lubang prop tersebut.
    e. Setelah cairan dikeluarkan, selanjutnya buka sekrup-sekrup yang berada pada tutup ketel pedoman.
    f. Perbaiki bagian-bagian yang rusak atau aus dan ganti bila perlu.
    g. Setelah selesai perbaikan, tutup kembali kaca penutup bagian atasnya dan sekrup yang rapih.
    h. Isi kembali cairan alcohol dan air melalui prop, dan usahakanlah sampai penuh, selanjutnya prop ditutup.
    i. Cek terlebih dahulu apakah masih terdapat gelembung udara dalam ketel tersebut atau tidak ? Bila tidak, kencangkan prop tersebut.
    j. Kembalikan ketel pedoman pada rumah pedoman

    BalasHapus
  21. Nama:rosul
    XII nkpi 1
    Tes formatif 1
    No 1:
    Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis

    2:-Kompas digital Sunting
    Diciptakannya kompas digital bertujuan untuk melengkapi kebutuhan robotika yang semakin canggih. Dunia robotika ini sangat membutuhkan alat navigasi yang efektif dan efisien.

    3: kompas basah biasanya ditempatkan disamping kiri kemudi kapal

    Formatif 2

    1:Dial : Permukaan diaman tertera angka/huruf seperti jam
    Visir : Pembidik Sasaran
    Kaca Pembesar : Untuk melihat sasaran dan angka pada Dial
    Jam Penunjuk : Menunjukkan lokasi magnet bumi
    Tutup Dial : Dengan 2 garis bersudut 450 dan dapat diputar-putar
    Alat penggantung : Untuk tali/ dapat juga untuk menyangkutkan ibu jari tangan sewaktu melakukan pembidikan

    2:
    1). Jarum tidak menunjukkan arah utara-selatan 2). Jaruh berputar-putar
    Bidikannya tidak fokus

    3:
    Perawatan alat dan bagian-bagiannya :
    Bila terjadi gelembung udara cukup banyak atau kedudukan piringan pedoman berubah, cara perawatannya :
    a. Lepaskan pedoman dari rumah pedoman.
    b. Baringkan ketel pedoman pada tempat yang rata.
    c. Buka bagian penyumbatnya (prop) dengan cara diputar.
    d. Keluarkan cairan melalui prop, namun bila hanya terjadi gelembung udara cukup banyak dengan menambahkan campuran alcohol (70 %) dan air (30 %) melalui lubang prop tersebut.
    e. Setelah cairan dikeluarkan, selanjutnya buka sekrup-sekrup yang berada pada tutup ketel pedoman.
    f. Perbaiki bagian-bagian yang rusak atau aus dan ganti bila perlu.
    g. Setelah selesai perbaikan, tutup kembali kaca penutup bagian atasnya dan sekrup yang rapih.
    h. Isi kembali cairan alcohol dan air melalui prop, dan usahakanlah sampai penuh, selanjutnya prop ditutup.
    i. Cek terlebih dahulu apakah masih terdapat gelembung udara dalam ketel tersebut atau tidak ? Bila tidak, kencangkan prop tersebut.
    j. Kembalikan ketel pedoman pada rumah pedoman

    BalasHapus
  22. Akbar ashari
    Kelas:12 NKPI (2)
    mapel:navre



    Kompas magnet
    = Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi
    2) jenis-jenis kompas
    kompas kering
    kompas magnetkering adalah pedoman magnet dimana batang-batang magnet dipasang sejajar satu sama lain dan digantungkan dibawah mawar pedoman dengan menggunakan benang sutera, sehingga dapat bergerak bebas secara horizontal.
    kompas basah
    Pada kompas basah atau pedoman basah ini piring pedoman berada di dalam zat cair. Untuk itu ketel pedoman harus benar-benar kedap air dan konstruksinya lebih kuat dibanding pedoman magnet kering.
    Fungsi cairan adalah untuk meredam getaran-getaran kapal sehingga piringan lebih tenang. Selain itu dapat mengurangi kemungkinan kerusakan pada semat, dan mawar pedoman.
    3) Pedoman Tolok ( Standart Compass ) diletakkan di atas anjungan, digunakan untuk membaring benda diluar kapal, penempatannya diusahakan tidak terhalang oleh bagian-bagian kapal sehingga dapat digunakan pada busur 360 derajat. Pedoman ini digunakan sebagai patokan bagi pedoman magnet lainnya.
    Pedoman Kemudi ( Steering Compass ) diletakkan di depan roda kemudi, sehingga juru mudi dapat melihat setiap saat pada waktu mengemudikan kapal. letak tepat dibawah pedoman standart agar juru mudi mudah memeriksa perbedaan antara pedoman tolok dan pedoman kemudi
    Pedoman Cadangan ( Spare Compass ), berfungsi untuk mengganti salah satu pedoman tolok atau pedoman kemudi bila terdapat kerusakan secara fisik


    TES FORMATIF 2
    1)bagian kompas magnet-1. Ketel Pedoman
    2. Piringan Pedoman
    3. Batangan Magnit
    4. Pelampung5. Pemberat
    6. Cairan ( Alkohol 25 % dan Air Suling 75 % )
    7. Cincin Kardanus (Cincin Lenja)8. Batang Semat
    9. Tempat dudukan alat baring (Pesawat Penjera Celah)
    10. Kaca Penutupfungsi kompas
    fungsi kompas magnetmembaring suatu benda dan menentukan arah haluan kapal secara akurat sesuai magnetis bumi
    2) 1. Harus ringan, sungkup piringan pedoman bagian bawahnya harus licin.
    2. Tidak memiliki kesalahan kolimasi.
    3. Pembagian derajatnya harus jelas, sehingga mudah dibaca dan dibuat secara teratur.
    4. Besarnya piringan pedoman harus seimbang dengan besarnya ketel pedoman.
    5. Piringan pedoman harus tenang namun peka.
    6. Waktu ayun piringan pedoman harus cukup besar, yaitu minimum 14 detik agar tidak terjadi sinkronisasi dengan olengan kapal.

    3) 1. Ketel pedoman tidak boleh mengandung magnit.
    2. Pada saat kapal dalam keadaan diam, maka tutup kaca bening dibagian atas harus dalam keadaan datar.
    3. Posisi ketel pedoman tidak boleh menyentuh bagian-bagian pedoman lain, sehingga setiap saat bagian-bagian dalam pedoman dapat mengayun dengan bebas.
    4. Semat atau pasak pedoman harus benar-benar terpasang vertical ditengah-tengah ketel pedoman.
    5. Tuas untuk menempatkan pesawat baring harus tepat dititik pusat Garis layar tepat pada bidang lunas linggi kapal.

    Cara memeriksa ketepatan garis layar :
    1. Buatlah sebuah tonggak dan berdirikan dibidang lunas linggi didepan pedoman pada jarak yang cukup, misalnya diujung haluan.
    2. Baringlah tonggak tersebut dan pada saat yang sama lihatlah penunjukkan skala derajat oleh garis layar.
    3. Bila kedua penunjukkan adalah sama berarti garis layar telah tepat.

    BalasHapus
  23. Nama : Ahmad saifudin
    Kelas: XII NKPI 1

    TES FORMATIF 1
    jawaban:

    1.Pedoman magnet adalah satu-satunya jenis pedoman yang tidak menggunakan kelistrikan
    kapal, sehingga tetap dapat bekerja walaupun listrik kapal padam. Oleh karena itu IMO
    (International Maritime Organization) melalui Konvensi SOLAS (Safety Of Life At Sea =
    Keselamatan Jiwa di Laut) mensyaratkan bagi semua kapal niaga untuk dilengkapi dengan
    pedoman magnet dengan menetapkan persyaratan konstruksi dan jumlahnya yang harus ada
    di kapal.

    2.a).Kompas analog merupakan kompas уаng umunya kita ѕеrіng temui dan mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya seperti kompas уаng digunakan saat kegiatan pramuka.
    b).Berbeda dеngаn kompas digital. Kompas digital merupakan jenis kompas уаng ѕudаh menggunakan sistem digitalisasi. Yаng artinya, cara kerja kompas іnі ѕudаh menggunakan sistem komputerisasi.

    3.Penyimpanan atau peletakan pedoman magnet dikapal harus:
    1. Sedapat mungkin pada pertengahan kapal (diatas garis luanas kapal)
    2. Jauh dari massa besi, yang terbagi tidak sama pada kedua sisi
    3. Tidak ditempatkan dekat linggi-linggi karena disini terdapat kutub-kutub magnetisme
    permanent (P & Q)
    4. Jauh dari massa besi yang besar dan vertical (cerobong asap, tiang baja, penopang, dll)
    5. Jauh dari besi lunak membujur dan melintang yang berjalan terus (most continous
    iron/steel)
    6. bebas pemandangan (untuk pedoman tolok)

    TES FORMATIF 2
    jawaban:

    1.1. Pedoman Tolok (Standard Compass) yang diletakkan di atas anjungan, digunakan
    untuk membaring benda diluar kapal, penempatnya diusahakan tidak terhalang oleh
    bagian-bagian kapal sehingga dapat digunakan pada busur 360º. Pedoman ini juga
    digunakan sebagai patokan bagi pedoman magnet yang lainnya.
    2. Pedoman Kemudi (Steering Compass), yaitu pedoman magnet yang diletakkan
    didepan roda kemudi, sehingga juru mudi dapat melihat setiap saat pada waktu
    mengemudikan kapal. Pedoman ini diletakkan tepat dibawah pedoman standard agar
    juru mudi mudah memeriksa perbedaan antara penunjukan pedoman tolok dan pedoman
    kemudi.
    3. Pedoman Cadangan (Spare Compass), berfungsi untuk mengganti salah satu
    pedoman tolok atau pedoman kemudi bila terdapat kerusakan secara fisik.

    2.

    3.1. Sedapat mungkin pada pertengahan kapal (diatas garis luanas kapal)
    2. Jauh dari massa besi, yang terbagi tidak sama pada kedua sisi
    3. Tidak ditempatkan dekat linggi-linggi karena disini terdapat kutub-kutub magnetisme
    permanent (P & Q)
    4. Jauh dari massa besi yang besar dan vertical (cerobong asap, tiang baja, penopang, dll)
    5. Jauh dari besi lunak membujur dan melintang yang berjalan terus (most continous
    iron/steel)
    6. bebas pemandangan (untuk pedoman tolok)

    BalasHapus
  24. Nama : pandi
    Kelas : 12 NKPI 1

    Tes formatif 1

    1)Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi.

    2)Kompas terbagi menjadi 3 jenis yaitu kompas orientering (kompas silva), kompas bidik (kompas prisma), serta kompas biasa. Kompas jenis bidik atau disebut juga sebagai kompas prisma, berfungsi untuk mempermudah serta menghitung sudut sasaran bidik suatu tempat ataupun benda secara langsung.

    3)Kompas di kapal digunaka para pelaut untuk menunjukan arah dan di tempatkan di ruang kemudi untuk mencari arah mata angin.

    Tes formatur 2

    1)Bagian-Bagian dan Fungsi maknet
    Dial : Permukaan diaman tertera angka/huruf seperti jam.
    Visir : Pembidik Sasaran.
    Kaca Pembesar : Untuk melihat sasaran dan angka pada Dial.
    Jam Penunjuk : Menunjukkan lokasi magnet bumi.
    Tutup Dial : Dengan 2 garis bersudut 450 dan dapat diputar-putar.

    2)Kompas di kapal digunaka para pelaut untuk menunjukan arah dan di tempatkan di ruang kemudi untuk mencari arah mata angin.

    3) A. biasanya kompas magnetik harus ditutupi dengan topi kompas (kompas standar harus ditutupi dengan Luo Jingtao).

    B. menyimpan cairan dalam baskom yang jernih dan transparan dan menghilangkan gelembung.

    C. menjaga poros rol, poros cincin Changping dilumasi, dan rotasi fleksibel.

    D. secara berkala memeriksa sensitivitas setengah siklus kompas, dan mengembalikan cairan bila diperlukan.

    E. Tidak ada benda magnet yang harus diletakkan di dekat kompas. Seharusnya tidak menyimpan kompas dalam suhu tinggi dan lingkungan getaran untuk waktu yang lama.

    BalasHapus
  25. Nama : BENI IRPANI
    Kelas : 12 NKPI 2

    Tes formatif 1

    1)Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi.

    2)Kompas terbagi menjadi 3 jenis yaitu kompas orientering (kompas silva), kompas bidik (kompas prisma), serta kompas biasa. Kompas jenis bidik atau disebut juga sebagai kompas prisma, berfungsi untuk mempermudah serta menghitung sudut sasaran bidik suatu tempat ataupun benda secara langsung.

    3)Kompas di kapal digunaka para pelaut untuk menunjukan arah dan di tempatkan di ruang kemudi untuk mencari arah mata angin.

    Tes formatur 2

    1)Bagian-Bagian dan Fungsi maknet
    Dial : Permukaan diaman tertera angka/huruf seperti jam.
    Visir : Pembidik Sasaran.
    Kaca Pembesar : Untuk melihat sasaran dan angka pada Dial.
    Jam Penunjuk : Menunjukkan lokasi magnet bumi.
    Tutup Dial : Dengan 2 garis bersudut 450 dan dapat diputar-putar.

    2)Kompas di kapal digunaka para pelaut untuk menunjukan arah dan di tempatkan di ruang kemudi untuk mencari arah mata angin.

    3) A. biasanya kompas magnetik harus ditutupi dengan topi kompas (kompas standar harus ditutupi dengan Luo Jingtao).

    B. menyimpan cairan dalam baskom yang jernih dan transparan dan menghilangkan gelembung.

    C. menjaga poros rol, poros cincin Changping dilumasi, dan rotasi fleksibel.

    D. secara berkala memeriksa sensitivitas setengah siklus kompas, dan mengembalikan cairan bila diperlukan.

    E. Tidak ada benda magnet yang harus diletakkan di dekat kompas. Seharusnya tidak menyimpan kompas dalam suhu tinggi dan lingkungan getaran untuk waktu yang lama.

    BalasHapus
  26. NAMA : FAJAR DWI SAPUTRA
    KELAS : 12 NKPI 1
    FORMATIF 1.
    1.Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi.

    2).Kompas terbagi menjadi 3 jenis yaitu kompas orientering (kompas silva), kompas bidik (kompas prisma), serta kompas biasa. Kompas jenis bidik atau disebut juga sebagai kompas prisma, berfungsi untuk mempermudah serta menghitung sudut sasaran bidik suatu tempat ataupun benda secara langsung.

    3).Kompas di kapal digunaka para pelaut untuk menunjukan arah dan di tempatkan di ruang kemudi untuk mencari arah mata angin.

    TES FORMATIF 2.

    1).Bagian-Bagian dan Fungsi maknet
    Dial : Permukaan diaman tertera angka/huruf seperti jam.
    Visir : Pembidik Sasaran.
    Kaca Pembesar : Untuk melihat sasaran dan angka pada Dial.
    Jam Penunjuk : Menunjukkan lokasi magnet bumi.
    Tutup Dial : Dengan 2 garis bersudut 450 dan dapat diputar-putar.

    2).Kompas di kapal digunaka para pelaut untuk menunjukan arah dan di tempatkan di ruang kemudi untuk mencari arah mata angin.

    3). A. biasanya kompas magnetik harus ditutupi dengan topi kompas (kompas standar harus ditutupi dengan Luo Jingtao).

    B. menyimpan cairan dalam baskom yang jernih dan transparan dan menghilangkan gelembung.

    C. menjaga poros rol, poros cincin Changping dilumasi, dan rotasi fleksibel.

    D. secara berkala memeriksa sensitivitas setengah siklus kompas, dan mengembalikan cairan bila diperlukan.

    E. Tidak ada benda magnet yang harus diletakkan di dekat kompas. Seharusnya tidak menyimpan kompas dalam suhu tinggi dan lingkungan getaran untuk waktu yang lama

    BalasHapus
  27. Assalamu'alaikum wr'wb
    Nama: Ahmad Abdul Wahid
    Kelas:12 nkpi 2
    TES FORMATIF 1
    1) kompas magnet
    = Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi
    2) jenis-jenis kompas
    kompas kering
    kompas magnetkering adalah pedoman magnet dimana batang-batang magnet dipasang sejajar satu sama lain dan digantungkan dibawah mawar pedoman dengan menggunakan benang sutera, sehingga dapat bergerak bebas secara horizontal.
    kompas basah
    Pada kompas basah atau pedoman basah ini piring pedoman berada di dalam zat cair. Untuk itu ketel pedoman harus benar-benar kedap air dan konstruksinya lebih kuat dibanding pedoman magnet kering.
    Fungsi cairan adalah untuk meredam getaran-getaran kapal sehingga piringan lebih tenang. Selain itu dapat mengurangi kemungkinan kerusakan pada semat, dan mawar pedoman.
    3) Pedoman Tolok ( Standart Compass ) diletakkan di atas anjungan, digunakan untuk membaring benda diluar kapal, penempatannya diusahakan tidak terhalang oleh bagian-bagian kapal sehingga dapat digunakan pada busur 360 derajat. Pedoman ini digunakan sebagai patokan bagi pedoman magnet lainnya.
    Pedoman Kemudi ( Steering Compass ) diletakkan di depan roda kemudi, sehingga juru mudi dapat melihat setiap saat pada waktu mengemudikan kapal. letak tepat dibawah pedoman standart agar juru mudi mudah memeriksa perbedaan antara pedoman tolok dan pedoman kemudi
    Pedoman Cadangan ( Spare Compass ), berfungsi untuk mengganti salah satu pedoman tolok atau pedoman kemudi bila terdapat kerusakan secara fisik


    TES FORMATIF 2
    1)bagian kompas magnet-1. Ketel Pedoman
    2. Piringan Pedoman
    3. Batangan Magnit
    4. Pelampung5. Pemberat
    6. Cairan ( Alkohol 25 % dan Air Suling 75 % )
    7. Cincin Kardanus (Cincin Lenja)8. Batang Semat
    9. Tempat dudukan alat baring (Pesawat Penjera Celah)
    10. Kaca Penutupfungsi kompas
    fungsi kompas magnetmembaring suatu benda dan menentukan arah haluan kapal secara akurat sesuai magnetis bumi
    2) 1. Harus ringan, sungkup piringan pedoman bagian bawahnya harus licin.
    2. Tidak memiliki kesalahan kolimasi.
    3. Pembagian derajatnya harus jelas, sehingga mudah dibaca dan dibuat secara teratur.
    4. Besarnya piringan pedoman harus seimbang dengan besarnya ketel pedoman.
    5. Piringan pedoman harus tenang namun peka.
    6. Waktu ayun piringan pedoman harus cukup besar, yaitu minimum 14 detik agar tidak terjadi sinkronisasi dengan olengan kapal.

    3) 1. Ketel pedoman tidak boleh mengandung magnit.
    2. Pada saat kapal dalam keadaan diam, maka tutup kaca bening dibagian atas harus dalam keadaan datar.
    3. Posisi ketel pedoman tidak boleh menyentuh bagian-bagian pedoman lain, sehingga setiap saat bagian-bagian dalam pedoman dapat mengayun dengan bebas.
    4. Semat atau pasak pedoman harus benar-benar terpasang vertical ditengah-tengah ketel pedoman.
    5. Tuas untuk menempatkan pesawat baring harus tepat dititik pusat Garis layar tepat pada bidang lunas linggi kapal.

    Cara memeriksa ketepatan garis layar :
    1. Buatlah sebuah tonggak dan berdirikan dibidang lunas linggi didepan pedoman pada jarak yang cukup, misalnya diujung haluan.
    2. Baringlah tonggak tersebut dan pada saat yang sama lihatlah penunjukkan skala derajat oleh garis layar.
    3. Bila kedua penunjukkan adalah sama berarti garis layar telah tepat

    BalasHapus
  28. Assalamu'alaikum wr'wb
    Nama: Ahmad Abdul Wahid
    Kelas:12 nkpi 2
    TES FORMATIF 1
    1) kompas magnet
    = Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi
    2) jenis-jenis kompas
    kompas kering
    kompas magnetkering adalah pedoman magnet dimana batang-batang magnet dipasang sejajar satu sama lain dan digantungkan dibawah mawar pedoman dengan menggunakan benang sutera, sehingga dapat bergerak bebas secara horizontal.
    kompas basah
    Pada kompas basah atau pedoman basah ini piring pedoman berada di dalam zat cair. Untuk itu ketel pedoman harus benar-benar kedap air dan konstruksinya lebih kuat dibanding pedoman magnet kering.
    Fungsi cairan adalah untuk meredam getaran-getaran kapal sehingga piringan lebih tenang. Selain itu dapat mengurangi kemungkinan kerusakan pada semat, dan mawar pedoman.
    3) Pedoman Tolok ( Standart Compass ) diletakkan di atas anjungan, digunakan untuk membaring benda diluar kapal, penempatannya diusahakan tidak terhalang oleh bagian-bagian kapal sehingga dapat digunakan pada busur 360 derajat. Pedoman ini digunakan sebagai patokan bagi pedoman magnet lainnya.
    Pedoman Kemudi ( Steering Compass ) diletakkan di depan roda kemudi, sehingga juru mudi dapat melihat setiap saat pada waktu mengemudikan kapal. letak tepat dibawah pedoman standart agar juru mudi mudah memeriksa perbedaan antara pedoman tolok dan pedoman kemudi
    Pedoman Cadangan ( Spare Compass ), berfungsi untuk mengganti salah satu pedoman tolok atau pedoman kemudi bila terdapat kerusakan secara fisik


    TES FORMATIF 2
    1)bagian kompas magnet-1. Ketel Pedoman
    2. Piringan Pedoman
    3. Batangan Magnit
    4. Pelampung5. Pemberat
    6. Cairan ( Alkohol 25 % dan Air Suling 75 % )
    7. Cincin Kardanus (Cincin Lenja)8. Batang Semat
    9. Tempat dudukan alat baring (Pesawat Penjera Celah)
    10. Kaca Penutupfungsi kompas
    fungsi kompas magnetmembaring suatu benda dan menentukan arah haluan kapal secara akurat sesuai magnetis bumi
    2) 1. Harus ringan, sungkup piringan pedoman bagian bawahnya harus licin.
    2. Tidak memiliki kesalahan kolimasi.
    3. Pembagian derajatnya harus jelas, sehingga mudah dibaca dan dibuat secara teratur.
    4. Besarnya piringan pedoman harus seimbang dengan besarnya ketel pedoman.
    5. Piringan pedoman harus tenang namun peka.
    6. Waktu ayun piringan pedoman harus cukup besar, yaitu minimum 14 detik agar tidak terjadi sinkronisasi dengan olengan kapal.

    3) 1. Ketel pedoman tidak boleh mengandung magnit.
    2. Pada saat kapal dalam keadaan diam, maka tutup kaca bening dibagian atas harus dalam keadaan datar.
    3. Posisi ketel pedoman tidak boleh menyentuh bagian-bagian pedoman lain, sehingga setiap saat bagian-bagian dalam pedoman dapat mengayun dengan bebas.
    4. Semat atau pasak pedoman harus benar-benar terpasang vertical ditengah-tengah ketel pedoman.
    5. Tuas untuk menempatkan pesawat baring harus tepat dititik pusat Garis layar tepat pada bidang lunas linggi kapal.

    Cara memeriksa ketepatan garis layar :
    1. Buatlah sebuah tonggak dan berdirikan dibidang lunas linggi didepan pedoman pada jarak yang cukup, misalnya diujung haluan.
    2. Baringlah tonggak tersebut dan pada saat yang sama lihatlah penunjukkan skala derajat oleh garis layar.
    3. Bila kedua penunjukkan adalah sama berarti garis layar telah tepat

    BalasHapus
  29. Nama:Mushap Amar
    Kelas:12 nkpi 2
    Mapel: KMKG
    TES FORMATIF 1
    1) kompas magnet
    = Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi
    2) jenis-jenis kompas
    kompas kering
    kompas magnetkering adalah pedoman magnet dimana batang-batang magnet dipasang sejajar satu sama lain dan digantungkan dibawah mawar pedoman dengan menggunakan benang sutera, sehingga dapat bergerak bebas secara horizontal.
    kompas basah
    Pada kompas basah atau pedoman basah ini piring pedoman berada di dalam zat cair. Untuk itu ketel pedoman harus benar-benar kedap air dan konstruksinya lebih kuat dibanding pedoman magnet kering.
    Fungsi cairan adalah untuk meredam getaran-getaran kapal sehingga piringan lebih tenang. Selain itu dapat mengurangi kemungkinan kerusakan pada semat, dan mawar pedoman.
    3) Pedoman Tolok ( Standart Compass ) diletakkan di atas anjungan, digunakan untuk membaring benda diluar kapal, penempatannya diusahakan tidak terhalang oleh bagian-bagian kapal sehingga dapat digunakan pada busur 360 derajat. Pedoman ini digunakan sebagai patokan bagi pedoman magnet lainnya.
    Pedoman Kemudi ( Steering Compass ) diletakkan di depan roda kemudi, sehingga juru mudi dapat melihat setiap saat pada waktu mengemudikan kapal. letak tepat dibawah pedoman standart agar juru mudi mudah memeriksa perbedaan antara pedoman tolok dan pedoman kemudi
    Pedoman Cadangan ( Spare Compass ), berfungsi untuk mengganti salah satu pedoman tolok atau pedoman kemudi bila terdapat kerusakan secara fisik


    TES FORMATIF 2
    1)bagian kompas magnet-1. Ketel Pedoman
    2. Piringan Pedoman
    3. Batangan Magnit
    4. Pelampung5. Pemberat
    6. Cairan ( Alkohol 25 % dan Air Suling 75 % )
    7. Cincin Kardanus (Cincin Lenja)8. Batang Semat
    9. Tempat dudukan alat baring (Pesawat Penjera Celah)
    10. Kaca Penutupfungsi kompas
    fungsi kompas magnetmembaring suatu benda dan menentukan arah haluan kapal secara akurat sesuai magnetis bumi
    2) 1. Harus ringan, sungkup piringan pedoman bagian bawahnya harus licin.
    2. Tidak memiliki kesalahan kolimasi.
    3. Pembagian derajatnya harus jelas, sehingga mudah dibaca dan dibuat secara teratur.
    4. Besarnya piringan pedoman harus seimbang dengan besarnya ketel pedoman.
    5. Piringan pedoman harus tenang namun peka.
    6. Waktu ayun piringan pedoman harus cukup besar, yaitu minimum 14 detik agar tidak terjadi sinkronisasi dengan olengan kapal.

    3) 1. Ketel pedoman tidak boleh mengandung magnit.
    2. Pada saat kapal dalam keadaan diam, maka tutup kaca bening dibagian atas harus dalam keadaan datar.
    3. Posisi ketel pedoman tidak boleh menyentuh bagian-bagian pedoman lain, sehingga setiap saat bagian-bagian dalam pedoman dapat mengayun dengan bebas.
    4. Semat atau pasak pedoman harus benar-benar terpasang vertical ditengah-tengah ketel pedoman.
    5. Tuas untuk menempatkan pesawat baring harus tepat dititik pusat Garis layar tepat pada bidang lunas linggi kapal.

    Cara memeriksa ketepatan garis layar :
    1. Buatlah sebuah tonggak dan berdirikan dibidang lunas linggi didepan pedoman pada jarak yang cukup, misalnya diujung haluan.
    2. Baringlah tonggak tersebut dan pada saat yang sama lihatlah penunjukkan skala derajat oleh garis layar.
    3. Bila kedua penunjukkan adalah sama berarti garis layar telah tepat.

    BalasHapus
  30. Nama : ALI YAHYA
    Kelas : 12 NKPI 2

    Tes formatif 1

    1)Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi.

    2)Kompas terbagi menjadi 3 jenis yaitu kompas orientering (kompas silva), kompas bidik (kompas prisma), serta kompas biasa. Kompas jenis bidik atau disebut juga sebagai kompas prisma, berfungsi untuk mempermudah serta menghitung sudut sasaran bidik suatu tempat ataupun benda secara langsung.

    3)Kompas di kapal digunaka para pelaut untuk menunjukan arah dan di tempatkan di ruang kemudi untuk mencari arah mata angin.

    Tes formatur 2

    1)Bagian-Bagian dan Fungsi maknet
    Dial : Permukaan diaman tertera angka/huruf seperti jam.
    Visir : Pembidik Sasaran.
    Kaca Pembesar : Untuk melihat sasaran dan angka pada Dial.
    Jam Penunjuk : Menunjukkan lokasi magnet bumi.
    Tutup Dial : Dengan 2 garis bersudut 450 dan dapat diputar-putar.

    2)Kompas di kapal digunaka para pelaut untuk menunjukan arah dan di tempatkan di ruang kemudi untuk mencari arah mata angin.

    3) A. biasanya kompas magnetik harus ditutupi dengan topi kompas (kompas standar harus ditutupi dengan Luo Jingtao).

    B. menyimpan cairan dalam baskom yang jernih dan transparan dan menghilangkan gelembung.

    C. menjaga poros rol, poros cincin Changping dilumasi, dan rotasi fleksibel.

    D. secara berkala memeriksa sensitivitas setengah siklus kompas, dan mengembalikan cairan bila diperlukan.

    E. Tidak ada benda magnet yang harus diletakkan di dekat kompas. Seharusnya tidak menyimpan kompas dalam suhu tinggi dan lingkungan getaran untuk waktu yang lama.

    BalasHapus
  31. Nama:Azi Wiryanto
    Kelas:12 nkpi 1

    TES FORMATIF 1

    1) kompas magnet
    = Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi
    2) jenis-jenis kompas
    kompas kering
    kompas magnetkering adalah pedoman magnet dimana batang-batang magnet dipasang sejajar satu sama lain dan digantungkan dibawah mawar pedoman dengan menggunakan benang sutera, sehingga dapat bergerak bebas secara horizontal.
    kompas basah
    Pada kompas basah atau pedoman basah ini piring pedoman berada di dalam zat cair. Untuk itu ketel pedoman harus benar-benar kedap air dan konstruksinya lebih kuat dibanding pedoman magnet kering.
    Fungsi cairan adalah untuk meredam getaran-getaran kapal sehingga piringan lebih tenang. Selain itu dapat mengurangi kemungkinan kerusakan pada semat, dan mawar pedoman.
    3) Pedoman Tolok ( Standart Compass ) diletakkan di atas anjungan, digunakan untuk membaring benda diluar kapal, penempatannya diusahakan tidak terhalang oleh bagian-bagian kapal sehingga dapat digunakan pada busur 360 derajat. Pedoman ini digunakan sebagai patokan bagi pedoman magnet lainnya.
    Pedoman Kemudi ( Steering Compass ) diletakkan di depan roda kemudi, sehingga juru mudi dapat melihat setiap saat pada waktu mengemudikan kapal. letak tepat dibawah pedoman standart agar juru mudi mudah memeriksa perbedaan antara pedoman tolok dan pedoman kemudi
    Pedoman Cadangan ( Spare Compass ), berfungsi untuk mengganti salah satu pedoman tolok atau pedoman kemudi bila terdapat kerusakan secara fisik


    TES FORMATIF 2

    1)bagian kompas magnet-1. Ketel Pedoman
    2. Piringan Pedoman
    3. Batangan Magnit
    4. Pelampung5. Pemberat
    6. Cairan ( Alkohol 25 % dan Air Suling 75 % )
    7. Cincin Kardanus (Cincin Lenja)8. Batang Semat
    9. Tempat dudukan alat baring (Pesawat Penjera Celah)
    10. Kaca Penutupfungsi kompas
    fungsi kompas magnetmembaring suatu benda dan menentukan arah haluan kapal secara akurat sesuai magnetis bumi
    2) 1. Harus ringan, sungkup piringan pedoman bagian bawahnya harus licin.
    2. Tidak memiliki kesalahan kolimasi.
    3. Pembagian derajatnya harus jelas, sehingga mudah dibaca dan dibuat secara teratur.
    4. Besarnya piringan pedoman harus seimbang dengan besarnya ketel pedoman.
    5. Piringan pedoman harus tenang namun peka.
    6. Waktu ayun piringan pedoman harus cukup besar, yaitu minimum 14 detik agar tidak terjadi sinkronisasi dengan olengan kapal.

    3) 1. Ketel pedoman tidak boleh mengandung magnit.
    2. Pada saat kapal dalam keadaan diam, maka tutup kaca bening dibagian atas harus dalam keadaan datar.
    3. Posisi ketel pedoman tidak boleh menyentuh bagian-bagian pedoman lain, sehingga setiap saat bagian-bagian dalam pedoman dapat mengayun dengan bebas.
    4. Semat atau pasak pedoman harus benar-benar terpasang vertical ditengah-tengah ketel pedoman.
    5. Tuas untuk menempatkan pesawat baring harus tepat dititik pusat Garis layar tepat pada bidang lunas linggi kapal.

    Cara memeriksa ketepatan garis layar :
    1. Buatlah sebuah tonggak dan berdirikan dibidang lunas linggi didepan pedoman pada jarak yang cukup, misalnya diujung haluan.
    2. Baringlah tonggak tersebut dan pada saat yang sama lihatlah penunjukkan skala derajat oleh garis layar.
    3. Bila kedua penunjukkan adalah sama berarti garis layar telah tepat.

    BalasHapus
  32. NAMA : RIZKI FADILAH
    KELAS :XII NKPI 1
    MAPEL :BAT


    TES FORMATIF 1
    1) kompas magnet
    = Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi
    2) jenis-jenis kompas
    kompas kering
    kompas magnetkering adalah pedoman magnet dimana batang-batang magnet dipasang sejajar satu sama lain dan digantungkan dibawah mawar pedoman dengan menggunakan benang sutera, sehingga dapat bergerak bebas secara horizontal.
    kompas basah
    Pada kompas basah atau pedoman basah ini piring pedoman berada di dalam zat cair. Untuk itu ketel pedoman harus benar-benar kedap air dan konstruksinya lebih kuat dibanding pedoman magnet kering.
    Fungsi cairan adalah untuk meredam getaran-getaran kapal sehingga piringan lebih tenang. Selain itu dapat mengurangi kemungkinan kerusakan pada semat, dan mawar pedoman.
    3) Pedoman Tolok ( Standart Compass ) diletakkan di atas anjungan, digunakan untuk membaring benda diluar kapal, penempatannya diusahakan tidak terhalang oleh bagian-bagian kapal sehingga dapat digunakan pada busur 360 derajat. Pedoman ini digunakan sebagai patokan bagi pedoman magnet lainnya.
    Pedoman Kemudi ( Steering Compass ) diletakkan di depan roda kemudi, sehingga juru mudi dapat melihat setiap saat pada waktu mengemudikan kapal. letak tepat dibawah pedoman standart agar juru mudi mudah memeriksa perbedaan antara pedoman tolok dan pedoman kemudi
    Pedoman Cadangan ( Spare Compass ), berfungsi untuk mengganti salah satu pedoman tolok atau pedoman kemudi bila terdapat kerusakan secara fisik


    TES FORMATIF 2
    1)bagian kompas magnet-1. Ketel Pedoman
    2. Piringan Pedoman
    3. Batangan Magnit
    4. Pelampung5. Pemberat
    6. Cairan ( Alkohol 25 % dan Air Suling 75 % )
    7. Cincin Kardanus (Cincin Lenja)8. Batang Semat
    9. Tempat dudukan alat baring (Pesawat Penjera Celah)
    10. Kaca Penutupfungsi kompas
    fungsi kompas magnetmembaring suatu benda dan menentukan arah haluan kapal secara akurat sesuai magnetis bumi
    2) 1. Harus ringan, sungkup piringan pedoman bagian bawahnya harus licin.
    2. Tidak memiliki kesalahan kolimasi.
    3. Pembagian derajatnya harus jelas, sehingga mudah dibaca dan dibuat secara teratur.
    4. Besarnya piringan pedoman harus seimbang dengan besarnya ketel pedoman.
    5. Piringan pedoman harus tenang namun peka.
    6. Waktu ayun piringan pedoman harus cukup besar, yaitu minimum 14 detik agar tidak terjadi sinkronisasi dengan olengan kapal.

    3) 1. Ketel pedoman tidak boleh mengandung magnit.
    2. Pada saat kapal dalam keadaan diam, maka tutup kaca bening dibagian atas harus dalam keadaan datar.
    3. Posisi ketel pedoman tidak boleh menyentuh bagian-bagian pedoman lain, sehingga setiap saat bagian-bagian dalam pedoman dapat mengayun dengan bebas.
    4. Semat atau pasak pedoman harus benar-benar terpasang vertical ditengah-tengah ketel pedoman.
    5. Tuas untuk menempatkan pesawat baring harus tepat dititik pusat Garis layar tepat pada bidang lunas linggi kapal.

    Cara memeriksa ketepatan garis layar :
    1. Buatlah sebuah tonggak dan berdirikan dibidang lunas linggi didepan pedoman pada jarak yang cukup, misalnya diujung haluan.
    2. Baringlah tonggak tersebut dan pada saat yang sama lihatlah penunjukkan skala derajat oleh garis layar.
    3. Bila kedua penunjukkan adalah sama berarti garis layar telah tepat.

    BalasHapus
  33. Nama :HERI PURNOMO AJI
    Kelas:12 NKPI 1
    Mapel:KMKG





    TES FORMATIF 1
    1) kompas magnet
    = Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi.
    2) jenis-jenis kompas
    kompas kering
    kompas magnetkering adalah pedoman magnet dimana batang-batang magnet dipasang sejajar satu sama lain dan digantungkan dibawah mawar pedoman dengan menggunakan benang sutera, sehingga dapat bergerak bebas secara horizontal.
    kompas basah
    Pada kompas basah atau pedoman basah ini piring pedoman berada di dalam zat cair. Untuk itu ketel pedoman harus benar-benar kedap air dan konstruksinya lebih kuat dibanding pedoman magnet kering.
    Fungsi cairan adalah untuk meredam getaran-getaran kapal sehingga piringan lebih tenang. Selain itu dapat mengurangi kemungkinan kerusakan pada semat, dan mawar pedoman.
    3) Pedoman Tolok ( Standart Compass ) diletakkan di atas anjungan, digunakan untuk membaring benda diluar kapal, penempatannya diusahakan tidak terhalang oleh bagian-bagian kapal sehingga dapat digunakan pada busur 360 derajat. Pedoman ini digunakan sebagai patokan bagi pedoman magnet lainnya.
    Pedoman Kemudi ( Steering Compass ) diletakkan di depan roda kemudi, sehingga juru mudi dapat melihat setiap saat pada waktu mengemudikan kapal. letak tepat dibawah pedoman standart agar juru mudi mudah memeriksa perbedaan antara pedoman tolok dan pedoman kemudi
    Pedoman Cadangan ( Spare Compass ), berfungsi untuk mengganti salah satu pedoman tolok atau pedoman kemudi bila terdapat kerusakan secara fisik.
    😊😊😊😊



    TES FORMATIF 2
    1)bagian kompas magnet-1. Ketel Pedoman
    2. Piringan Pedoman
    3. Batangan Magnit
    4. Pelampung5. Pemberat
    6. Cairan ( Alkohol 25 % dan Air Suling 75 % )
    7. Cincin Kardanus (Cincin Lenja)8. Batang Semat
    9. Tempat dudukan alat baring (Pesawat Penjera Celah)
    10. Kaca Penutupfungsi kompas
    fungsi kompas magnetmembaring suatu benda dan menentukan arah haluan kapal secara akurat sesuai magnetis bumi
    2) 1. Harus ringan, sungkup piringan pedoman bagian bawahnya harus licin.
    2. Tidak memiliki kesalahan kolimasi.
    3. Pembagian derajatnya harus jelas, sehingga mudah dibaca dan dibuat secara teratur.
    4. Besarnya piringan pedoman harus seimbang dengan besarnya ketel pedoman.
    5. Piringan pedoman harus tenang namun peka.
    6. Waktu ayun piringan pedoman harus cukup besar, yaitu minimum 14 detik agar tidak terjadi sinkronisasi dengan olengan kapal.

    3) 1. Ketel pedoman tidak boleh mengandung magnit.
    2. Pada saat kapal dalam keadaan diam, maka tutup kaca bening dibagian atas harus dalam keadaan datar.
    3. Posisi ketel pedoman tidak boleh menyentuh bagian-bagian pedoman lain, sehingga setiap saat bagian-bagian dalam pedoman dapat mengayun dengan bebas.
    4. Semat atau pasak pedoman harus benar-benar terpasang vertical ditengah-tengah ketel pedoman.
    5. Tuas untuk menempatkan pesawat baring harus tepat dititik pusat Garis layar tepat pada bidang lunas linggi kapal.

    Cara memeriksa ketepatan garis layar :
    1. Buatlah sebuah tonggak dan berdirikan dibidang lunas linggi didepan pedoman pada jarak yang cukup, misalnya diujung haluan.
    2. Baringlah tonggak tersebut dan pada saat yang sama lihatlah penunjukkan skala derajat oleh garis layar.
    3. Bila kedua penunjukkan adalah sama berarti garis layar telah tepat.

    BalasHapus
  34. Izin promo ya Admin^^

    Bosan gak tau mau ngapain, ayo buruan gabung dengan kami
    minimal deposit dan withdraw nya hanya 15 ribu rupiah ya :D
    Kami Juga Menerima Deposit Via Pulsa x-)
    - Telkomsel
    - GOPAY
    - Link AJA
    - OVO
    - DANA
    segera DAFTAR di WWW.AJOKARTU.COMPANY ....:)

    BalasHapus