(Jangan lupa tuliskan Nama dan Kelas)
Tes Formatif 1.
1. Tuliskan definisi kompas magnit ?
2. Jelaskan Jenis-jenis kompas?
3. Jelaskan penempatan kompas di kapal sesuai dengan fungsinya?
Tes Formatif 2.
1. Sebutkan bagian-bagian dan fungsi kompas magnit?
2. Sebutkan ciri-ciri kompas yang kurang baik?
3. Jelaskan cara perawatan kompas magnit dan bagian-bagiannya?
NB: Pastikan browser anda sudah terhubung dengan gmail!
Selamat Mengerjakan!
Tes formatif 1
BalasHapusAssalamualaikum Tes formatur 1. Nama adeAdeira kelas12 nkpi2 1)Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi. 2)Kompas terbagi menjadi 3 jenis yaitu kompas orientering (kompas silva), kompas bidik (kompas prisma), serta kompas biasa. Kompas jenis bidik atau disebut juga sebagai kompas prisma, berfungsi untuk mempermudah serta menghitung sudut sasaran bidik suatu tempat ataupun benda secara langsung. 3)Kompas di kapal digunaka para pelaut untuk menunjukan arah dan di tempatkan di ruang kemudi untuk mencari arah mata angin. Tes formatur 2. 1)Bagian-Bagian dan Fungsi maknet
BalasHapusDial : Permukaan diaman tertera angka/huruf seperti jam.
Visir : Pembidik Sasaran.
Kaca Pembesar : Untuk melihat sasaran dan angka pada Dial.
Jam Penunjuk : Menunjukkan lokasi magnet bumi.
Tutup Dial : Dengan 2 garis bersudut 450 dan dapat diputar-putar. 2)Kompas di kapal digunaka para pelaut untuk menunjukan arah dan di tempatkan di ruang kemudi untuk mencari arah mata angin. 3) A. biasanya kompas magnetik harus ditutupi dengan topi kompas (kompas standar harus ditutupi dengan Luo Jingtao).
B. menyimpan cairan dalam baskom yang jernih dan transparan dan menghilangkan gelembung.
C. menjaga poros rol, poros cincin Changping dilumasi, dan rotasi fleksibel.
D. secara berkala memeriksa sensitivitas setengah siklus kompas, dan mengembalikan cairan bila diperlukan.
E. Tidak ada benda magnet yang harus diletakkan di dekat kompas. Seharusnya tidak menyimpan kompas dalam suhu tinggi dan lingkungan getaran untuk waktu yang lama.
H
BalasHapusAssalamualaikum nama Adeirawan kelas12 nkpi2nkpi formatur 1. 1)Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi. 2)Kompas terbagi menjadi 3 jenis yaitu kompas orientering (kompas silva), kompas bidik (kompas prisma), serta kompas biasa. Kompas jenis bidik atau disebut juga sebagai kompas prisma, berfungsi untuk mempermudah serta menghitung sudut sasaran bidik suatu tempat ataupun benda secara langsung. 3)Kompas di kapal digunaka para pelaut untuk menunjukan arah dan di tempatkan di ruang kemudi untuk mencari arah mata angin. Tes formatur 2. 1)Bagian-Bagian dan Fungsi maknet
BalasHapusDial : Permukaan diaman tertera angka/huruf seperti jam.
Visir : Pembidik Sasaran.
Kaca Pembesar : Untuk melihat sasaran dan angka pada Dial.
Jam Penunjuk : Menunjukkan lokasi magnet bumi.
Tutup Dial : Dengan 2 garis bersudut 450 dan dapat diputar-putar. 2)Kompas di kapal digunaka para pelaut untuk menunjukan arah dan di tempatkan di ruang kemudi untuk mencari arah mata angin. 3) A. biasanya kompas magnetik harus ditutupi dengan topi kompas (kompas standar harus ditutupi dengan Luo Jingtao).
B. menyimpan cairan dalam baskom yang jernih dan transparan dan menghilangkan gelembung.
C. menjaga poros rol, poros cincin Changping dilumasi, dan rotasi fleksibel.
D. secara berkala memeriksa sensitivitas setengah siklus kompas, dan mengembalikan cairan bila diperlukan.
E. Tidak ada benda magnet yang harus diletakkan di dekat kompas. Seharusnya tidak menyimpan kompas dalam suhu tinggi dan lingkungan getaran untuk waktu yang lama.
ok
HapusNama : JEFRI AGUS ISWANTO
HapusKELAS : XII NKPI 2
Formatif 1
1. 1)Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi.
2)Kompas terbagi menjadi 3 jenis yaitu kompas orientering (kompas silva), kompas bidik (kompas prisma), serta kompas biasa. Kompas jenis bidik atau disebut juga sebagai kompas prisma, berfungsi untuk mempermudah serta menghitung sudut sasaran bidik suatu tempat ataupun benda secara langsung.
3)Kompas di kapal digunaka para pelaut untuk menunjukan arah dan di tempatkan di ruang kemudi untuk mencari arah mata angin.
Tes formatur 2
1)Bagian-Bagian dan Fungsi maknet
Dial : Permukaan diaman tertera angka/huruf seperti jam.
Visir : Pembidik Sasaran.
Kaca Pembesar : Untuk melihat sasaran dan angka pada Dial.
Jam Penunjuk : Menunjukkan lokasi magnet bumi.
Tutup Dial : Dengan 2 garis bersudut 450 dan dapat diputar-putar.
2)Kompas di kapal digunaka para pelaut untuk menunjukan arah dan di tempatkan di ruang kemudi untuk mencari arah mata angin.
3) A. biasanya kompas magnetik harus ditutupi dengan topi kompas (kompas standar harus ditutupi dengan Luo Jingtao).
B. menyimpan cairan dalam baskom yang jernih dan transparan dan menghilangkan gelembung.
C. menjaga poros rol, poros cincin Changping dilumasi, dan rotasi fleksibel.
D. secara berkala memeriksa sensitivitas setengah siklus kompas, dan mengembalikan cairan bila diperlukan.
E. Tidak ada benda magnet yang harus diletakkan di dekat kompas. Seharusnya tidak menyimpan kompas dalam suhu tinggi dan lingkungan getaran untuk waktu yang lama.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusAssalamualaikum Tes formatur 1. Nama Mardianto kelas12 nkpi1 1)Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi. 2)Kompas terbagi menjadi 3 jenis yaitu kompas orientering (kompas silva), kompas bidik (kompas prisma), serta kompas biasa. Kompas jenis bidik atau disebut juga sebagai kompas prisma, berfungsi untuk mempermudah serta menghitung sudut sasaran bidik suatu tempat ataupun benda secara langsung. 3)Kompas di kapal digunaka para pelaut untuk menunjukan arah dan di tempatkan di ruang kemudi untuk mencari arah mata angin. Tes formatur 2. 1)Bagian-Bagian dan Fungsi maknet
BalasHapusDial : Permukaan diaman tertera angka/huruf seperti jam.
Visir : Pembidik Sasaran.
Kaca Pembesar : Untuk melihat sasaran dan angka pada Dial.
Jam Penunjuk : Menunjukkan lokasi magnet bumi.
Tutup Dial : Dengan 2 garis bersudut 450 dan dapat diputar-putar. 2)Kompas di kapal digunaka para pelaut untuk menunjukan arah dan di tempatkan di ruang kemudi untuk mencari arah mata angin. 3) A. biasanya kompas magnetik harus ditutupi dengan topi kompas (kompas standar harus ditutupi dengan Luo Jingtao).
B. menyimpan cairan dalam baskom yang jernih dan transparan dan menghilangkan gelembung.
C. menjaga poros rol, poros cincin Changping dilumasi, dan rotasi fleksibel.
D. secara berkala memeriksa sensitivitas setengah siklus kompas, dan mengembalikan cairan bila diperlukan.
E. Tidak ada benda magnet yang harus diletakkan di dekat kompas. Seharusnya tidak menyimpan kompas dalam suhu tinggi dan lingkungan getaran untuk waktu yang lama.
Nama :M Minhazul ikhya
BalasHapusKelas:12 nkpi
1.)Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi. 2)Kompas terbagi menjadi 3 jenis yaitu kompas orientering (kompas silva), kompas bidik (kompas prisma), serta kompas biasa. Kompas jenis bidik atau disebut juga sebagai kompas prisma, berfungsi untuk mempermudah serta menghitung sudut sasaran bidik suatu tempat ataupun benda secara langsung. 3)Kompas di kapal digunaka para pelaut untuk menunjukan arah dan di tempatkan di ruang kemudi untuk mencari arah mata angin. Tes formatur 2. 1)Bagian-Bagian dan Fungsi maknet
Dial : Permukaan diaman tertera angka/huruf seperti jam.
Visir : Pembidik Sasaran.
Kaca Pembesar : Untuk melihat sasaran dan angka pada Dial.
Jam Penunjuk : Menunjukkan lokasi magnet bumi.
Tutup Dial : Dengan 2 garis bersudut 450 dan dapat diputar-putar. 2)Kompas di kapal digunaka para pelaut untuk menunjukan arah dan di tempatkan di ruang kemudi untuk mencari arah mata angin. 3) A. biasanya kompas magnetik harus ditutupi dengan topi kompas (kompas standar harus ditutupi dengan Luo Jingtao).
B. menyimpan cairan dalam baskom yang jernih dan transparan dan menghilangkan gelembung.
C. menjaga poros rol, poros cincin Changping dilumasi, dan rotasi fleksibel.
D. secara berkala memeriksa sensitivitas setengah siklus kompas, dan mengembalikan cairan bila diperlukan.
E. Tidak ada benda magnet yang harus diletakkan di dekat kompas. Seharusnya tidak menyimpan kompas dalam suhu tinggi dan lingkungan getaran untuk waktu yang lama.
Balas
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusNama :Achmad Tri Yuli
BalasHapusKelas:XII NKPI 1
1.)Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi. 2)Kompas terbagi menjadi 3 jenis yaitu kompas orientering (kompas silva), kompas bidik (kompas prisma), serta kompas biasa. Kompas jenis bidik atau disebut juga sebagai kompas prisma, berfungsi untuk mempermudah serta menghitung sudut sasaran bidik suatu tempat ataupun benda secara langsung. 3)Kompas di kapal digunaka para pelaut untuk menunjukan arah dan di tempatkan di ruang kemudi untuk mencari arah mata angin. Tes formatur 2. 1)Bagian-Bagian dan Fungsi maknet
Dial : Permukaan diaman tertera angka/huruf seperti jam.
Visir : Pembidik Sasaran.
Kaca Pembesar : Untuk melihat sasaran dan angka pada Dial.
Jam Penunjuk : Menunjukkan lokasi magnet bumi.
Tutup Dial : Dengan 2 garis bersudut 450 dan dapat diputar-putar. 2)Kompas di kapal digunaka para pelaut untuk menunjukan arah dan di tempatkan di ruang kemudi untuk mencari arah mata angin. 3) A. biasanya kompas magnetik harus ditutupi dengan topi kompas (kompas standar harus ditutupi dengan Luo Jingtao).
B. menyimpan cairan dalam baskom yang jernih dan transparan dan menghilangkan gelembung.
C. menjaga poros rol, poros cincin Changping dilumasi, dan rotasi fleksibel.
D. secara berkala memeriksa sensitivitas setengah siklus kompas, dan mengembalikan cairan bila diperlukan.
E. Tidak ada benda magnet yang harus diletakkan di dekat kompas. Seharusnya tidak menyimpan kompas dalam suhu tinggi dan lingkungan getaran untuk waktu yang lama.
Ini yang benar ya bu
HapusNama:Nurul iman
BalasHapusKelas:XII NKPI 1
1.)Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi. 2)Kompas terbagi menjadi 3 jenis yaitu kompas orientering (kompas silva), kompas bidik (kompas prisma), serta kompas biasa. Kompas jenis bidik atau disebut juga sebagai kompas prisma, berfungsi untuk mempermudah serta menghitung sudut sasaran bidik suatu tempat ataupun benda secara langsung. 3)Kompas di kapal digunaka para pelaut untuk menunjukan arah dan di tempatkan di ruang kemudi untuk mencari arah mata angin. Tes formatur 2. 1)Bagian-Bagian dan Fungsi maknet
Dial : Permukaan diaman tertera angka/huruf seperti jam.
Visir : Pembidik Sasaran.
Kaca Pembesar : Untuk melihat sasaran dan angka pada Dial.
Jam Penunjuk : Menunjukkan lokasi magnet bumi.
Tutup Dial : Dengan 2 garis bersudut 450 dan dapat diputar-putar. 2)Kompas di kapal digunaka para pelaut untuk menunjukan arah dan di tempatkan di ruang kemudi untuk mencari arah mata angin. 3) A. biasanya kompas magnetik harus ditutupi dengan topi kompas (kompas standar harus ditutupi dengan Luo Jingtao).
B. menyimpan cairan dalam baskom yang jernih dan transparan dan menghilangkan gelembung.
C. menjaga poros rol, poros cincin Changping dilumasi, dan rotasi fleksibel.
D. secara berkala memeriksa sensitivitas setengah siklus kompas, dan mengembalikan cairan bila diperlukan.
E. Tidak ada benda magnet yang harus diletakkan di dekat kompas. Seharusnya tidak menyimpan kompas dalam suhu tinggi dan lingkungan getaran untuk waktu yang lama.
Nama : Abdillah
BalasHapusKelas : 12 NKPI 1
TES FORMATIF 1
1) kompas magnet
= Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi
2) jenis-jenis kompas
kompas kering
kompas magnetkering adalah pedoman magnet dimana batang-batang magnet dipasang sejajar satu sama lain dan digantungkan dibawah mawar pedoman dengan menggunakan benang sutera, sehingga dapat bergerak bebas secara horizontal.
kompas basah
Pada kompas basah atau pedoman basah ini piring pedoman berada di dalam zat cair. Untuk itu ketel pedoman harus benar-benar kedap air dan konstruksinya lebih kuat dibanding pedoman magnet kering.
Fungsi cairan adalah untuk meredam getaran-getaran kapal sehingga piringan lebih tenang. Selain itu dapat mengurangi kemungkinan kerusakan pada semat, dan mawar pedoman.
3) Pedoman Tolok ( Standart Compass ) diletakkan di atas anjungan, digunakan untuk membaring benda diluar kapal, penempatannya diusahakan tidak terhalang oleh bagian-bagian kapal sehingga dapat digunakan pada busur 360 derajat. Pedoman ini digunakan sebagai patokan bagi pedoman magnet lainnya.
Pedoman Kemudi ( Steering Compass ) diletakkan di depan roda kemudi, sehingga juru mudi dapat melihat setiap saat pada waktu mengemudikan kapal. letak tepat dibawah pedoman standart agar juru mudi mudah memeriksa perbedaan antara pedoman tolok dan pedoman kemudi
Pedoman Cadangan ( Spare Compass ), berfungsi untuk mengganti salah satu pedoman tolok atau pedoman kemudi bila terdapat kerusakan secara fisik
TES FORMATIF 2
1)bagian kompas magnet-1. Ketel Pedoman
2. Piringan Pedoman
3. Batangan Magnit
4. Pelampung5. Pemberat
6. Cairan ( Alkohol 25 % dan Air Suling 75 % )
7. Cincin Kardanus (Cincin Lenja)8. Batang Semat
9. Tempat dudukan alat baring (Pesawat Penjera Celah)
10. Kaca Penutupfungsi kompas
fungsi kompas magnetmembaring suatu benda dan menentukan arah haluan kapal secara akurat sesuai magnetis bumi
2) 1. Harus ringan, sungkup piringan pedoman bagian bawahnya harus licin.
2. Tidak memiliki kesalahan kolimasi.
3. Pembagian derajatnya harus jelas, sehingga mudah dibaca dan dibuat secara teratur.
4. Besarnya piringan pedoman harus seimbang dengan besarnya ketel pedoman.
5. Piringan pedoman harus tenang namun peka.
6. Waktu ayun piringan pedoman harus cukup besar, yaitu minimum 14 detik agar tidak terjadi sinkronisasi dengan olengan kapal.
3) 1. Ketel pedoman tidak boleh mengandung magnit.
2. Pada saat kapal dalam keadaan diam, maka tutup kaca bening dibagian atas harus dalam keadaan datar.
3. Posisi ketel pedoman tidak boleh menyentuh bagian-bagian pedoman lain, sehingga setiap saat bagian-bagian dalam pedoman dapat mengayun dengan bebas.
4. Semat atau pasak pedoman harus benar-benar terpasang vertical ditengah-tengah ketel pedoman.
5. Tuas untuk menempatkan pesawat baring harus tepat dititik pusat Garis layar tepat pada bidang lunas linggi kapal.
Cara memeriksa ketepatan garis layar :
1. Buatlah sebuah tonggak dan berdirikan dibidang lunas linggi didepan pedoman pada jarak yang cukup, misalnya diujung haluan.
2. Baringlah tonggak tersebut dan pada saat yang sama lihatlah penunjukkan skala derajat oleh garis layar.
3. Bila kedua penunjukkan adalah sama berarti garis layar telah tepat.
Nama:MAULANA
BalasHapusKelas:12 NKPI 1
menjawab:
FORMATIF 1.
1.Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi.
2).Kompas terbagi menjadi 3 jenis yaitu kompas orientering (kompas silva), kompas bidik (kompas prisma), serta kompas biasa. Kompas jenis bidik atau disebut juga sebagai kompas prisma, berfungsi untuk mempermudah serta menghitung sudut sasaran bidik suatu tempat ataupun benda secara langsung.
3).Kompas di kapal digunaka para pelaut untuk menunjukan arah dan di tempatkan di ruang kemudi untuk mencari arah mata angin.
TES FORMATIF 2.
1).Bagian-Bagian dan Fungsi maknet
Dial : Permukaan diaman tertera angka/huruf seperti jam.
Visir : Pembidik Sasaran.
Kaca Pembesar : Untuk melihat sasaran dan angka pada Dial.
Jam Penunjuk : Menunjukkan lokasi magnet bumi.
Tutup Dial : Dengan 2 garis bersudut 450 dan dapat diputar-putar.
2).Kompas di kapal digunaka para pelaut untuk menunjukan arah dan di tempatkan di ruang kemudi untuk mencari arah mata angin.
3). A. biasanya kompas magnetik harus ditutupi dengan topi kompas (kompas standar harus ditutupi dengan Luo Jingtao).
B. menyimpan cairan dalam baskom yang jernih dan transparan dan menghilangkan gelembung.
C. menjaga poros rol, poros cincin Changping dilumasi, dan rotasi fleksibel.
D. secara berkala memeriksa sensitivitas setengah siklus kompas, dan mengembalikan cairan bila diperlukan.
E. Tidak ada benda magnet yang harus diletakkan di dekat kompas. Seharusnya tidak menyimpan kompas dalam suhu tinggi dan lingkungan getaran untuk waktu yang lama
Nama :Achamd Tri Yuli
BalasHapusKelas:XII NKPI 1
TES FORMATIF 2
1)bagian kompas magnet-1. Ketel Pedoman
2. Piringan Pedoman
3. Batangan Magnit
4. Pelampung5. Pemberat
6. Cairan ( Alkohol 25 % dan Air Suling 75 % )
7. Cincin Kardanus (Cincin Lenja)8. Batang Semat
9. Tempat dudukan alat baring (Pesawat Penjera Celah)
10. Kaca Penutupfungsi kompas
fungsi kompas magnetmembaring suatu benda dan menentukan arah haluan kapal secara akurat sesuai magnetis bumi
2) 1. Harus ringan, sungkup piringan pedoman bagian bawahnya harus licin.
2. Tidak memiliki kesalahan kolimasi.
3. Pembagian derajatnya harus jelas, sehingga mudah dibaca dan dibuat secara teratur.
4. Besarnya piringan pedoman harus seimbang dengan besarnya ketel pedoman.
5. Piringan pedoman harus tenang namun peka.
6. Waktu ayun piringan pedoman harus cukup besar, yaitu minimum 14 detik agar tidak terjadi sinkronisasi dengan olengan kapal.
3) 1. Ketel pedoman tidak boleh mengandung magnit.
2. Pada saat kapal dalam keadaan diam, maka tutup kaca bening dibagian atas harus dalam keadaan datar.
3. Posisi ketel pedoman tidak boleh menyentuh bagian-bagian pedoman lain, sehingga setiap saat bagian-bagian dalam pedoman dapat mengayun dengan bebas.
4. Semat atau pasak pedoman harus benar-benar terpasang vertical ditengah-tengah ketel pedoman.
5. Tuas untuk menempatkan pesawat baring harus tepat dititik pusat Garis layar tepat pada bidang lunas linggi kapal.
Cara memeriksa ketepatan garis layar :
1. Buatlah sebuah tonggak dan berdirikan dibidang lunas linggi didepan pedoman pada jarak yang cukup, misalnya diujung haluan.
2. Baringlah tonggak tersebut dan pada saat yang sama lihatlah penunjukkan skala derajat oleh garis layar.
3. Bila kedua penunjukkan adalah sama berarti garis layar telah tepat.
Nama : TEGUH WIBOWO
BalasHapusKelas : 12 NKPI 2
Tes formatif 1
1)Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi.
2)Kompas terbagi menjadi 3 jenis yaitu kompas orientering (kompas silva), kompas bidik (kompas prisma), serta kompas biasa. Kompas jenis bidik atau disebut juga sebagai kompas prisma, berfungsi untuk mempermudah serta menghitung sudut sasaran bidik suatu tempat ataupun benda secara langsung.
3)Kompas di kapal digunaka para pelaut untuk menunjukan arah dan di tempatkan di ruang kemudi untuk mencari arah mata angin.
Tes formatur 2
1)Bagian-Bagian dan Fungsi maknet
Dial : Permukaan diaman tertera angka/huruf seperti jam.
Visir : Pembidik Sasaran.
Kaca Pembesar : Untuk melihat sasaran dan angka pada Dial.
Jam Penunjuk : Menunjukkan lokasi magnet bumi.
Tutup Dial : Dengan 2 garis bersudut 450 dan dapat diputar-putar.
2)Kompas di kapal digunaka para pelaut untuk menunjukan arah dan di tempatkan di ruang kemudi untuk mencari arah mata angin.
3) A. biasanya kompas magnetik harus ditutupi dengan topi kompas (kompas standar harus ditutupi dengan Luo Jingtao).
B. menyimpan cairan dalam baskom yang jernih dan transparan dan menghilangkan gelembung.
C. menjaga poros rol, poros cincin Changping dilumasi, dan rotasi fleksibel.
D. secara berkala memeriksa sensitivitas setengah siklus kompas, dan mengembalikan cairan bila diperlukan.
E. Tidak ada benda magnet yang harus diletakkan di dekat kompas. Seharusnya tidak menyimpan kompas dalam suhu tinggi dan lingkungan getaran untuk waktu yang lama.
Assalamualaikum
BalasHapusMuhamad Tengku Riswanda
12nkpi2
Jawaban:
TES FORMATIF 1
1) kompas magnet
= Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi
2) jenis-jenis kompas
kompas kering
kompas magnetkering adalah pedoman magnet dimana batang-batang magnet dipasang sejajar satu sama lain dan digantungkan dibawah mawar pedoman dengan menggunakan benang sutera, sehingga dapat bergerak bebas secara horizontal.
kompas basah
Pada kompas basah atau pedoman basah ini piring pedoman berada di dalam zat cair. Untuk itu ketel pedoman harus benar-benar kedap air dan konstruksinya lebih kuat dibanding pedoman magnet kering.
Fungsi cairan adalah untuk meredam getaran-getaran kapal sehingga piringan lebih tenang. Selain itu dapat mengurangi kemungkinan kerusakan pada semat, dan mawar pedoman.
3) Pedoman Tolok ( Standart Compass ) diletakkan di atas anjungan, digunakan untuk membaring benda diluar kapal, penempatannya diusahakan tidak terhalang oleh bagian-bagian kapal sehingga dapat digunakan pada busur 360 derajat. Pedoman ini digunakan sebagai patokan bagi pedoman magnet lainnya.
Pedoman Kemudi ( Steering Compass ) diletakkan di depan roda kemudi, sehingga juru mudi dapat melihat setiap saat pada waktu mengemudikan kapal. letak tepat dibawah pedoman standart agar juru mudi mudah memeriksa perbedaan antara pedoman tolok dan pedoman kemudi
Pedoman Cadangan ( Spare Compass ), berfungsi untuk mengganti salah satu pedoman tolok atau pedoman kemudi bila terdapat kerusakan secara fisik
TES FORMATIF 2
1)bagian kompas magnet-1. Ketel Pedoman
2. Piringan Pedoman
3. Batangan Magnit
4. Pelampung5. Pemberat
6. Cairan ( Alkohol 25 % dan Air Suling 75 % )
7. Cincin Kardanus (Cincin Lenja)8. Batang Semat
9. Tempat dudukan alat baring (Pesawat Penjera Celah)
10. Kaca Penutupfungsi kompas
fungsi kompas magnetmembaring suatu benda dan menentukan arah haluan kapal secara akurat sesuai magnetis bumi
2) 1. Harus ringan, sungkup piringan pedoman bagian bawahnya harus licin.
2. Tidak memiliki kesalahan kolimasi.
3. Pembagian derajatnya harus jelas, sehingga mudah dibaca dan dibuat secara teratur.
4. Besarnya piringan pedoman harus seimbang dengan besarnya ketel pedoman.
5. Piringan pedoman harus tenang namun peka.
6. Waktu ayun piringan pedoman harus cukup besar, yaitu minimum 14 detik agar tidak terjadi sinkronisasi dengan olengan kapal.
3) 1. Ketel pedoman tidak boleh mengandung magnit.
2. Pada saat kapal dalam keadaan diam, maka tutup kaca bening dibagian atas harus dalam keadaan datar.
3. Posisi ketel pedoman tidak boleh menyentuh bagian-bagian pedoman lain, sehingga setiap saat bagian-bagian dalam pedoman dapat mengayun dengan bebas.
4. Semat atau pasak pedoman harus benar-benar terpasang vertical ditengah-tengah ketel pedoman.
5. Tuas untuk menempatkan pesawat baring harus tepat dititik pusat Garis layar tepat pada bidang lunas linggi kapal.
Cara memeriksa ketepatan garis layar :
1. Buatlah sebuah tonggak dan berdirikan dibidang lunas linggi didepan pedoman pada jarak yang cukup, misalnya diujung haluan.
2. Baringlah tonggak tersebut dan pada saat yang sama lihatlah penunjukkan skala derajat oleh garis layar.
3. Bila kedua penunjukkan adalah sama berarti garis layar telah tepat.
Nama ;M Minhazul Ikhya
BalasHapusKelas;12 nkpi 1
TES FORMATIF 2
1)bagian kompas magnet-1. Ketel Pedoman
2. Piringan Pedoman
3. Batangan Magnit
4. Pelampung5. Pemberat
6. Cairan ( Alkohol 25 % dan Air Suling 75 % )
7. Cincin Kardanus (Cincin Lenja)8. Batang Semat
9. Tempat dudukan alat baring (Pesawat Penjera Celah)
10. Kaca Penutupfungsi kompas
fungsi kompas magnetmembaring suatu benda dan menentukan arah haluan kapal secara akurat sesuai magnetis bumi
2) 1. Harus ringan, sungkup piringan pedoman bagian bawahnya harus licin.
2. Tidak memiliki kesalahan kolimasi.
3. Pembagian derajatnya harus jelas, sehingga mudah dibaca dan dibuat secara teratur.
4. Besarnya piringan pedoman harus seimbang dengan besarnya ketel pedoman.
5. Piringan pedoman harus tenang namun peka.
6. Waktu ayun piringan pedoman harus cukup besar, yaitu minimum 14 detik agar tidak terjadi sinkronisasi dengan olengan kapal.
3) 1. Ketel pedoman tidak boleh mengandung magnit.
2. Pada saat kapal dalam keadaan diam, maka tutup kaca bening dibagian atas harus dalam keadaan datar.
3. Posisi ketel pedoman tidak boleh menyentuh bagian-bagian pedoman lain, sehingga setiap saat bagian-bagian dalam pedoman dapat mengayun dengan bebas.
4. Semat atau pasak pedoman harus benar-benar terpasang vertical ditengah-tengah ketel pedoman.
5. Tuas untuk menempatkan pesawat baring harus tepat dititik pusat Garis layar tepat pada bidang lunas linggi kapal.
Cara memeriksa ketepatan garis layar :
1. Buatlah sebuah tonggak dan berdirikan dibidang lunas linggi didepan pedoman pada jarak yang cukup, misalnya diujung haluan.
2. Baringlah tonggak tersebut dan pada saat yang sama lihatlah penunjukkan skala derajat oleh garis layar.
3. Bila kedua penunjukkan adalah sama berarti garis layar telah tepat.
Balas
NAMA : AKHMAD ZAENUSSOBAH
BalasHapusKELAS: XII NKPI 1
TUGAS FORMATIF 1
1).Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi.
2).Kompas terbagi menjadi 3 jenis yaitu kompas orientering (kompas silva), kompas bidik (kompas prisma), serta kompas biasa. Kompas jenis bidik atau disebut juga sebagai kompas prisma, berfungsi untuk mempermudah serta menghitung sudut sasaran bidik suatu tempat ataupun benda secara langsung.
3).Kompas di kapal digunaka para pelaut untuk menunjukan arah dan di tempatkan di ruang kemudi untuk mencari arah mata angin.
TUGAS FORMATIF 2
1).Bagian-Bagian dan Fungsi maknet
Dial : Permukaan diaman tertera angka/huruf seperti jam.
Visir : Pembidik Sasaran.
Kaca Pembesar : Untuk melihat sasaran dan angka pada Dial.
Jam Penunjuk : Menunjukkan lokasi magnet bumi.
Tutup Dial : Dengan 2 garis bersudut 450 dan dapat diputar-putar.
2).Kompas di kapal digunaka para pelaut untuk menunjukan arah dan di tempatkan di ruang kemudi untuk mencari arah mata angin.
3). A. biasanya kompas magnetik harus ditutupi dengan topi kompas (kompas standar harus ditutupi dengan Luo Jingtao).
B. menyimpan cairan dalam baskom yang jernih dan transparan dan menghilangkan gelembung.
C. menjaga poros rol, poros cincin Changping dilumasi, dan rotasi fleksibel.
D. secara berkala memeriksa sensitivitas setengah siklus kompas, dan mengembalikan cairan bila diperlukan.
E. Tidak ada benda magnet yang harus diletakkan di dekat kompas. Seharusnya tidak menyimpan kompas dalam suhu tinggi dan lingkungan getaran untuk waktu yang lama
TES FORMATIF 2
Hapus1)bagian kompas magnet-1. Ketel Pedoman
2. Piringan Pedoman
3. Batangan Magnit
4. Pelampung5. Pemberat
6. Cairan ( Alkohol 25 % dan Air Suling 75 % )
7. Cincin Kardanus (Cincin Lenja)8. Batang Semat
9. Tempat dudukan alat baring (Pesawat Penjera Celah)
10. Kaca Penutupfungsi kompas
fungsi kompas magnetmembaring suatu benda dan menentukan arah haluan kapal secara akurat sesuai magnetis bumi
2) 1. Harus ringan, sungkup piringan pedoman bagian bawahnya harus licin.
2. Tidak memiliki kesalahan kolimasi.
3. Pembagian derajatnya harus jelas, sehingga mudah dibaca dan dibuat secara teratur.
4. Besarnya piringan pedoman harus seimbang dengan besarnya ketel pedoman.
5. Piringan pedoman harus tenang namun peka.
6. Waktu ayun piringan pedoman harus cukup besar, yaitu minimum 14 detik agar tidak terjadi sinkronisasi dengan olengan kapal.
3) 1. Ketel pedoman tidak boleh mengandung magnit.
2. Pada saat kapal dalam keadaan diam, maka tutup kaca bening dibagian atas harus dalam keadaan datar.
3. Posisi ketel pedoman tidak boleh menyentuh bagian-bagian pedoman lain, sehingga setiap saat bagian-bagian dalam pedoman dapat mengayun dengan bebas.
4. Semat atau pasak pedoman harus benar-benar terpasang vertical ditengah-tengah ketel pedoman.
5. Tuas untuk menempatkan pesawat baring harus tepat dititik pusat Garis layar tepat pada bidang lunas linggi kapal.
Cara memeriksa ketepatan garis layar :
1. Buatlah sebuah tonggak dan berdirikan dibidang lunas linggi didepan pedoman pada jarak yang cukup, misalnya diujung haluan.
2. Baringlah tonggak tersebut dan pada saat yang sama lihatlah penunjukkan skala derajat oleh garis layar.
3. Bila kedua penunjukkan adalah sama berarti garis layar telah tepat.
TES FORMATIF 2
Hapus1)bagian kompas magnet-1. Ketel Pedoman
2. Piringan Pedoman
3. Batangan Magnit
4. Pelampung5. Pemberat
6. Cairan ( Alkohol 25 % dan Air Suling 75 % )
7. Cincin Kardanus (Cincin Lenja)8. Batang Semat
9. Tempat dudukan alat baring (Pesawat Penjera Celah)
10. Kaca Penutupfungsi kompas
fungsi kompas magnetmembaring suatu benda dan menentukan arah haluan kapal secara akurat sesuai magnetis bumi
2) 1. Harus ringan, sungkup piringan pedoman bagian bawahnya harus licin.
2. Tidak memiliki kesalahan kolimasi.
3. Pembagian derajatnya harus jelas, sehingga mudah dibaca dan dibuat secara teratur.
4. Besarnya piringan pedoman harus seimbang dengan besarnya ketel pedoman.
5. Piringan pedoman harus tenang namun peka.
6. Waktu ayun piringan pedoman harus cukup besar, yaitu minimum 14 detik agar tidak terjadi sinkronisasi dengan olengan kapal.
3) 1. Ketel pedoman tidak boleh mengandung magnit.
2. Pada saat kapal dalam keadaan diam, maka tutup kaca bening dibagian atas harus dalam keadaan datar.
3. Posisi ketel pedoman tidak boleh menyentuh bagian-bagian pedoman lain, sehingga setiap saat bagian-bagian dalam pedoman dapat mengayun dengan bebas.
4. Semat atau pasak pedoman harus benar-benar terpasang vertical ditengah-tengah ketel pedoman.
5. Tuas untuk menempatkan pesawat baring harus tepat dititik pusat Garis layar tepat pada bidang lunas linggi kapal.
Cara memeriksa ketepatan garis layar :
1. Buatlah sebuah tonggak dan berdirikan dibidang lunas linggi didepan pedoman pada jarak yang cukup, misalnya diujung haluan.
2. Baringlah tonggak tersebut dan pada saat yang sama lihatlah penunjukkan skala derajat oleh garis layar.
3. Bila kedua penunjukkan adalah sama berarti garis layar telah tepat.
Maaf bu kebanyakan
HapusNama:Mardianto
BalasHapusKelas:12 NKPI 1
FORMATIF 2
1)bagian kompas magnet-1. Ketel Pedoman
2. Piringan Pedoman
3. Batangan Magnit
4. Pelampung5. Pemberat
6. Cairan ( Alkohol 25 % dan Air Suling 75 % )
7. Cincin Kardanus (Cincin Lenja)8. Batang Semat
9. Tempat dudukan alat baring (Pesawat Penjera Celah)
10. Kaca Penutupfungsi kompas
fungsi kompas magnetmembaring suatu benda dan menentukan arah haluan kapal secara akurat sesuai magnetis bumi
2) 1. Harus ringan, sungkup piringan pedoman bagian bawahnya harus licin.
2. Tidak memiliki kesalahan kolimasi.
3. Pembagian derajatnya harus jelas, sehingga mudah dibaca dan dibuat secara teratur.
4. Besarnya piringan pedoman harus seimbang dengan besarnya ketel pedoman.
5. Piringan pedoman harus tenang namun peka.
6. Waktu ayun piringan pedoman harus cukup besar, yaitu minimum 14 detik agar tidak terjadi sinkronisasi dengan olengan kapal.
3) 1. Ketel pedoman tidak boleh mengandung magnit.
2. Pada saat kapal dalam keadaan diam, maka tutup kaca bening dibagian atas harus dalam keadaan datar.
3. Posisi ketel pedoman tidak boleh menyentuh bagian-bagian pedoman lain, sehingga setiap saat bagian-bagian dalam pedoman dapat mengayun dengan bebas.
4. Semat atau pasak pedoman harus benar-benar terpasang vertical ditengah-tengah ketel pedoman.
5. Tuas untuk menempatkan pesawat baring harus tepat dititik pusat Garis layar tepat pada bidang lunas linggi kapal.
Cara memeriksa ketepatan garis layar :
1. Buatlah sebuah tonggak dan berdirikan dibidang lunas linggi didepan pedoman pada jarak yang cukup, misalnya diujung haluan.
2. Baringlah tonggak tersebut dan pada saat yang sama lihatlah penunjukkan skala derajat oleh garis layar.
3. Bila kedua penunjukkan adalah sama berarti garis layar telah tepat.
Perawatan pedoman magnit meliputi :
1. Perawatan alat dan bagian-bagiannya :
Bila terjadi gelembung udara cukup banyak atau kedudukan piringan pedoman berubah, cara perawatannya :
a. Lepaskan pedoman dari rumah pedoman.
b. Baringkan ketel pedoman pada tempat yang rata.
c. Buka bagian penyumbatnya (prop) dengan cara diputar.
d. Keluarkan cairan melalui prop, namun bila hanya terjadi gelembung udara cukup banyak dengan menambahkan campuran alcohol (70 %) dan air (30 %) melalui lubang prop tersebut.
e. Setelah cairan dikeluarkan, selanjutnya buka sekrup-sekrup yang berada pada tutup ketel pedoman.
f. Perbaiki bagian-bagian yang rusak atau aus dan ganti bila perlu.
g. Setelah selesai perbaikan, tutup kembali kaca penutup bagian atasnya dan sekrup yang rapih.
h. Isi kembali cairan alcohol dan air melalui prop, dan usahakanlah sampai penuh, selanjutnya prop ditutup.
i. Cek terlebih dahulu apakah masih terdapat gelembung udara dalam ketel tersebut atau tidak ? Bila tidak, kencangkan prop tersebut.
j. Kembalikan ketel pedoman pada rumah pedoman
Nama:MOH Alwi Sihab
BalasHapusKelas:12 NKPI 1
TES FORMATIF 1
1) kompas magnet
= Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi
2) jenis-jenis kompas
kompas kering
kompas magnetkering adalah pedoman magnet dimana batang-batang magnet dipasang sejajar satu sama lain dan digantungkan dibawah mawar pedoman dengan menggunakan benang sutera, sehingga dapat bergerak bebas secara horizontal.
kompas basah
Pada kompas basah atau pedoman basah ini piring pedoman berada di dalam zat cair. Untuk itu ketel pedoman harus benar-benar kedap air dan konstruksinya lebih kuat dibanding pedoman magnet kering.
Fungsi cairan adalah untuk meredam getaran-getaran kapal sehingga piringan lebih tenang. Selain itu dapat mengurangi kemungkinan kerusakan pada semat, dan mawar pedoman.
3) Pedoman Tolok ( Standart Compass ) diletakkan di atas anjungan, digunakan untuk membaring benda diluar kapal, penempatannya diusahakan tidak terhalang oleh bagian-bagian kapal sehingga dapat digunakan pada busur 360 derajat. Pedoman ini digunakan sebagai patokan bagi pedoman magnet lainnya.
Pedoman Kemudi ( Steering Compass ) diletakkan di depan roda kemudi, sehingga juru mudi dapat melihat setiap saat pada waktu mengemudikan kapal. letak tepat dibawah pedoman standart agar juru mudi mudah memeriksa perbedaan antara pedoman tolok dan pedoman kemudi
Pedoman Cadangan ( Spare Compass ), berfungsi untuk mengganti salah satu pedoman tolok atau pedoman kemudi bila terdapat kerusakan secara fisik
TES FORMATIF 2
1)bagian kompas magnet-1. Ketel Pedoman
2. Piringan Pedoman
3. Batangan Magnit
4. Pelampung5. Pemberat
6. Cairan ( Alkohol 25 % dan Air Suling 75 % )
7. Cincin Kardanus (Cincin Lenja)8. Batang Semat
9. Tempat dudukan alat baring (Pesawat Penjera Celah)
10. Kaca Penutupfungsi kompas
fungsi kompas magnetmembaring suatu benda dan menentukan arah haluan kapal secara akurat sesuai magnetis bumi
2) 1. Harus ringan, sungkup piringan pedoman bagian bawahnya harus licin.
2. Tidak memiliki kesalahan kolimasi.
3. Pembagian derajatnya harus jelas, sehingga mudah dibaca dan dibuat secara teratur.
4. Besarnya piringan pedoman harus seimbang dengan besarnya ketel pedoman.
5. Piringan pedoman harus tenang namun peka.
6. Waktu ayun piringan pedoman harus cukup besar, yaitu minimum 14 detik agar tidak terjadi sinkronisasi dengan olengan kapal.
3) 1. Ketel pedoman tidak boleh mengandung magnit.
2. Pada saat kapal dalam keadaan diam, maka tutup kaca bening dibagian atas harus dalam keadaan datar.
3. Posisi ketel pedoman tidak boleh menyentuh bagian-bagian pedoman lain, sehingga setiap saat bagian-bagian dalam pedoman dapat mengayun dengan bebas.
4. Semat atau pasak pedoman harus benar-benar terpasang vertical ditengah-tengah ketel pedoman.
5. Tuas untuk menempatkan pesawat baring harus tepat dititik pusat Garis layar tepat pada bidang lunas linggi kapal.
Cara memeriksa ketepatan garis layar :
1. Buatlah sebuah tonggak dan berdirikan dibidang lunas linggi didepan pedoman pada jarak yang cukup, misalnya diujung haluan.
2. Baringlah tonggak tersebut dan pada saat yang sama lihatlah penunjukkan skala derajat oleh garis layar.
3. Bila kedua penunjukkan adalah sama berarti garis layar telah tepat.
Nama:MOH Alwi Sihab
BalasHapusKelas:12 NKPI 1
TES FORMATIF 1
1) kompas magnet
= Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi
2) jenis-jenis kompas
kompas kering
kompas magnetkering adalah pedoman magnet dimana batang-batang magnet dipasang sejajar satu sama lain dan digantungkan dibawah mawar pedoman dengan menggunakan benang sutera, sehingga dapat bergerak bebas secara horizontal.
kompas basah
Pada kompas basah atau pedoman basah ini piring pedoman berada di dalam zat cair. Untuk itu ketel pedoman harus benar-benar kedap air dan konstruksinya lebih kuat dibanding pedoman magnet kering.
Fungsi cairan adalah untuk meredam getaran-getaran kapal sehingga piringan lebih tenang. Selain itu dapat mengurangi kemungkinan kerusakan pada semat, dan mawar pedoman.
3) Pedoman Tolok ( Standart Compass ) diletakkan di atas anjungan, digunakan untuk membaring benda diluar kapal, penempatannya diusahakan tidak terhalang oleh bagian-bagian kapal sehingga dapat digunakan pada busur 360 derajat. Pedoman ini digunakan sebagai patokan bagi pedoman magnet lainnya.
Pedoman Kemudi ( Steering Compass ) diletakkan di depan roda kemudi, sehingga juru mudi dapat melihat setiap saat pada waktu mengemudikan kapal. letak tepat dibawah pedoman standart agar juru mudi mudah memeriksa perbedaan antara pedoman tolok dan pedoman kemudi
Pedoman Cadangan ( Spare Compass ), berfungsi untuk mengganti salah satu pedoman tolok atau pedoman kemudi bila terdapat kerusakan secara fisik
TES FORMATIF 2
1)bagian kompas magnet-1. Ketel Pedoman
2. Piringan Pedoman
3. Batangan Magnit
4. Pelampung5. Pemberat
6. Cairan ( Alkohol 25 % dan Air Suling 75 % )
7. Cincin Kardanus (Cincin Lenja)8. Batang Semat
9. Tempat dudukan alat baring (Pesawat Penjera Celah)
10. Kaca Penutupfungsi kompas
fungsi kompas magnetmembaring suatu benda dan menentukan arah haluan kapal secara akurat sesuai magnetis bumi
2) 1. Harus ringan, sungkup piringan pedoman bagian bawahnya harus licin.
2. Tidak memiliki kesalahan kolimasi.
3. Pembagian derajatnya harus jelas, sehingga mudah dibaca dan dibuat secara teratur.
4. Besarnya piringan pedoman harus seimbang dengan besarnya ketel pedoman.
5. Piringan pedoman harus tenang namun peka.
6. Waktu ayun piringan pedoman harus cukup besar, yaitu minimum 14 detik agar tidak terjadi sinkronisasi dengan olengan kapal.
3) 1. Ketel pedoman tidak boleh mengandung magnit.
2. Pada saat kapal dalam keadaan diam, maka tutup kaca bening dibagian atas harus dalam keadaan datar.
3. Posisi ketel pedoman tidak boleh menyentuh bagian-bagian pedoman lain, sehingga setiap saat bagian-bagian dalam pedoman dapat mengayun dengan bebas.
4. Semat atau pasak pedoman harus benar-benar terpasang vertical ditengah-tengah ketel pedoman.
5. Tuas untuk menempatkan pesawat baring harus tepat dititik pusat Garis layar tepat pada bidang lunas linggi kapal.
Cara memeriksa ketepatan garis layar :
1. Buatlah sebuah tonggak dan berdirikan dibidang lunas linggi didepan pedoman pada jarak yang cukup, misalnya diujung haluan.
2. Baringlah tonggak tersebut dan pada saat yang sama lihatlah penunjukkan skala derajat oleh garis layar.
3. Bila kedua penunjukkan adalah sama berarti garis layar telah tepat.
Fery irawan
BalasHapus12nkpi2
Formatif 1
1. 1)Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi.
2)Kompas terbagi menjadi 3 jenis yaitu kompas orientering (kompas silva), kompas bidik (kompas prisma), serta kompas biasa. Kompas jenis bidik atau disebut juga sebagai kompas prisma, berfungsi untuk mempermudah serta menghitung sudut sasaran bidik suatu tempat ataupun benda secara langsung.
3)Kompas di kapal digunaka para pelaut untuk menunjukan arah dan di tempatkan di ruang kemudi untuk mencari arah mata angin.
Tes formatur 2
1)Bagian-Bagian dan Fungsi maknet
Dial : Permukaan diaman tertera angka/huruf seperti jam.
Visir : Pembidik Sasaran.
Kaca Pembesar : Untuk melihat sasaran dan angka pada Dial.
Jam Penunjuk : Menunjukkan lokasi magnet bumi.
Tutup Dial : Dengan 2 garis bersudut 450 dan dapat diputar-putar.
2)Kompas di kapal digunaka para pelaut untuk menunjukan arah dan di tempatkan di ruang kemudi untuk mencari arah mata angin.
3) A. biasanya kompas magnetik harus ditutupi dengan topi kompas (kompas standar harus ditutupi dengan Luo Jingtao).
B. menyimpan cairan dalam baskom yang jernih dan transparan dan menghilangkan gelembung.
C. menjaga poros rol, poros cincin Changping dilumasi, dan rotasi fleksibel.
D. secara berkala memeriksa sensitivitas setengah siklus kompas, dan mengembalikan cairan bila diperlukan.
E. Tidak ada benda magnet yang harus diletakkan di dekat kompas. Seharusnya tidak menyimpan kompas dalam suhu tinggi dan lingkungan getaran untuk waktu yang lama.
NAMA : KHOLIDUL FAJAR
BalasHapusKELAS : 12 NKPI 1
TES FORMATIF 1
1.Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi.
2. Jenis-jenia kompas
*Kompas Bidik
Kompas bidik atau prisma memiliki fungsi untuk mempermudahkan proses saat menghitung sudut sasaran bidik ѕеbuаh tempat atau benda. Cara pemakaiannya рun cukup mudah. Yаіtu dеngаn membidikkan kompas secara langsung kе arah sasaran. Proses іnі sekaligus bertujuan untuk membaca sudut sasaran menggunakan skala kompas.
*Kompas Silva
Kompas silva atau orienteering аdаlаh kompas уаng memiliki fungsi utama ѕеbаgаі alat untuk mempermudah perhitungan sekaligus alat pembacaan pada peta secara langsung. Badan atau pembungkus kompas silva mеmаng dibuat transparan. Hal іnі agar dараt mempermudah saat membaca peta уаng diletakkan dі bawahnya.
*Kompas Bіаѕа
Kompas bіаѕа tentu hаnуа memiliki fungsi dasar saja, уаіtu hаnуа manunjuk arah mata angin saja. Kompas bіаѕа umumnya berukuran 2 kali lebih kecil dаrі jenis kompas lain. Kompas jenis іnі mеmаng paling banyak penggunanya. Sеlаіn lebih mudah membacanya, tentu јugа lebih praktis.
3.penempatan kompas
1)bagian kompas magnet-1. Ketel Pedoman
2. Piringan Pedoman
3. Batangan Magnit
4. Pelampung5. Pemberat
6. Cairan ( Alkohol 25 % dan Air Suling 75 % )
7. Cincin Kardanus (Cincin Lenja)8. Batang Semat
9. Tempat dudukan alat baring (Pesawat Penjera Celah)
10. Kaca Penutupfungsi kompas
fungsi kompas magnetmembaring suatu benda dan menentukan arah haluan kapal secara akurat sesuai magnetis bumi
2) 1. Harus ringan, sungkup piringan pedoman bagian bawahnya harus licin.
2. Tidak memiliki kesalahan kolimasi.
3. Pembagian derajatnya harus jelas, sehingga mudah dibaca dan dibuat secara teratur.
4. Besarnya piringan pedoman harus seimbang dengan besarnya ketel pedoman.
5. Piringan pedoman harus tenang namun peka.
6. Waktu ayun piringan pedoman harus cukup besar, yaitu minimum 14 detik agar tidak terjadi sinkronisasi dengan olengan kapal.
3) 1. Ketel pedoman tidak boleh mengandung magnit.
2. Pada saat kapal dalam keadaan diam, maka tutup kaca bening dibagian atas harus dalam keadaan datar.
3. Posisi ketel pedoman tidak boleh menyentuh bagian-bagian pedoman lain, sehingga setiap saat bagian-bagian dalam pedoman dapat mengayun dengan bebas.
4. Semat atau pasak pedoman harus benar-benar terpasang vertical ditengah-tengah ketel pedoman.
5. Tuas untuk menempatkan pesawat baring harus tepat dititik pusat Garis layar tepat pada bidang lunas linggi kapal.
Cara memeriksa ketepatan garis layar :
1. Buatlah sebuah tonggak dan berdirikan dibidang lunas linggi didepan pedoman pada jarak yang cukup, misalnya diujung haluan.
2. Baringlah tonggak tersebut dan pada saat yang sama lihatlah penunjukkan skala derajat oleh garis layar.
3. Bila kedua penunjukkan adalah sama berarti garis layar telah tepat.
Perawatan pedoman magnit meliputi :
1. Perawatan alat dan bagian-bagiannya :
Bila terjadi gelembung udara cukup banyak atau kedudukan piringan pedoman berubah, cara perawatannya :
a. Lepaskan pedoman dari rumah pedoman.
b. Baringkan ketel pedoman pada tempat yang rata.
c. Buka bagian penyumbatnya (prop) dengan cara diputar.
d. Keluarkan cairan melalui prop, namun bila hanya terjadi gelembung udara cukup banyak dengan menambahkan campuran alcohol (70 %) dan air (30 %) melalui lubang prop tersebut.
e. Setelah cairan dikeluarkan, selanjutnya buka sekrup-sekrup yang berada pada tutup ketel pedoman.
f. Perbaiki bagian-bagian yang rusak atau aus dan ganti bila perlu.
g. Setelah selesai perbaikan, tutup kembali kaca penutup bagian atasnya dan sekrup yang rapih.
h. Isi kembali cairan alcohol dan air melalui prop, dan usahakanlah sampai penuh, selanjutnya prop ditutup.
i. Cek terlebih dahulu apakah masih terdapat gelembung udara dalam ketel tersebut atau tidak ? Bila tidak, kencangkan prop tersebut.
j. Kembalikan ketel pedoman pada rumah pedoman
Nama:rosul
BalasHapusXII nkpi 1
Tes formatif 1
No 1:
Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis
2:-Kompas digital Sunting
Diciptakannya kompas digital bertujuan untuk melengkapi kebutuhan robotika yang semakin canggih. Dunia robotika ini sangat membutuhkan alat navigasi yang efektif dan efisien.
3: kompas basah biasanya ditempatkan disamping kiri kemudi kapal
Formatif 2
1:Dial : Permukaan diaman tertera angka/huruf seperti jam
Visir : Pembidik Sasaran
Kaca Pembesar : Untuk melihat sasaran dan angka pada Dial
Jam Penunjuk : Menunjukkan lokasi magnet bumi
Tutup Dial : Dengan 2 garis bersudut 450 dan dapat diputar-putar
Alat penggantung : Untuk tali/ dapat juga untuk menyangkutkan ibu jari tangan sewaktu melakukan pembidikan
2:
1). Jarum tidak menunjukkan arah utara-selatan 2). Jaruh berputar-putar
Bidikannya tidak fokus
3:
Perawatan alat dan bagian-bagiannya :
Bila terjadi gelembung udara cukup banyak atau kedudukan piringan pedoman berubah, cara perawatannya :
a. Lepaskan pedoman dari rumah pedoman.
b. Baringkan ketel pedoman pada tempat yang rata.
c. Buka bagian penyumbatnya (prop) dengan cara diputar.
d. Keluarkan cairan melalui prop, namun bila hanya terjadi gelembung udara cukup banyak dengan menambahkan campuran alcohol (70 %) dan air (30 %) melalui lubang prop tersebut.
e. Setelah cairan dikeluarkan, selanjutnya buka sekrup-sekrup yang berada pada tutup ketel pedoman.
f. Perbaiki bagian-bagian yang rusak atau aus dan ganti bila perlu.
g. Setelah selesai perbaikan, tutup kembali kaca penutup bagian atasnya dan sekrup yang rapih.
h. Isi kembali cairan alcohol dan air melalui prop, dan usahakanlah sampai penuh, selanjutnya prop ditutup.
i. Cek terlebih dahulu apakah masih terdapat gelembung udara dalam ketel tersebut atau tidak ? Bila tidak, kencangkan prop tersebut.
j. Kembalikan ketel pedoman pada rumah pedoman
Akbar ashari
BalasHapusKelas:12 NKPI (2)
mapel:navre
Kompas magnet
= Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi
2) jenis-jenis kompas
kompas kering
kompas magnetkering adalah pedoman magnet dimana batang-batang magnet dipasang sejajar satu sama lain dan digantungkan dibawah mawar pedoman dengan menggunakan benang sutera, sehingga dapat bergerak bebas secara horizontal.
kompas basah
Pada kompas basah atau pedoman basah ini piring pedoman berada di dalam zat cair. Untuk itu ketel pedoman harus benar-benar kedap air dan konstruksinya lebih kuat dibanding pedoman magnet kering.
Fungsi cairan adalah untuk meredam getaran-getaran kapal sehingga piringan lebih tenang. Selain itu dapat mengurangi kemungkinan kerusakan pada semat, dan mawar pedoman.
3) Pedoman Tolok ( Standart Compass ) diletakkan di atas anjungan, digunakan untuk membaring benda diluar kapal, penempatannya diusahakan tidak terhalang oleh bagian-bagian kapal sehingga dapat digunakan pada busur 360 derajat. Pedoman ini digunakan sebagai patokan bagi pedoman magnet lainnya.
Pedoman Kemudi ( Steering Compass ) diletakkan di depan roda kemudi, sehingga juru mudi dapat melihat setiap saat pada waktu mengemudikan kapal. letak tepat dibawah pedoman standart agar juru mudi mudah memeriksa perbedaan antara pedoman tolok dan pedoman kemudi
Pedoman Cadangan ( Spare Compass ), berfungsi untuk mengganti salah satu pedoman tolok atau pedoman kemudi bila terdapat kerusakan secara fisik
TES FORMATIF 2
1)bagian kompas magnet-1. Ketel Pedoman
2. Piringan Pedoman
3. Batangan Magnit
4. Pelampung5. Pemberat
6. Cairan ( Alkohol 25 % dan Air Suling 75 % )
7. Cincin Kardanus (Cincin Lenja)8. Batang Semat
9. Tempat dudukan alat baring (Pesawat Penjera Celah)
10. Kaca Penutupfungsi kompas
fungsi kompas magnetmembaring suatu benda dan menentukan arah haluan kapal secara akurat sesuai magnetis bumi
2) 1. Harus ringan, sungkup piringan pedoman bagian bawahnya harus licin.
2. Tidak memiliki kesalahan kolimasi.
3. Pembagian derajatnya harus jelas, sehingga mudah dibaca dan dibuat secara teratur.
4. Besarnya piringan pedoman harus seimbang dengan besarnya ketel pedoman.
5. Piringan pedoman harus tenang namun peka.
6. Waktu ayun piringan pedoman harus cukup besar, yaitu minimum 14 detik agar tidak terjadi sinkronisasi dengan olengan kapal.
3) 1. Ketel pedoman tidak boleh mengandung magnit.
2. Pada saat kapal dalam keadaan diam, maka tutup kaca bening dibagian atas harus dalam keadaan datar.
3. Posisi ketel pedoman tidak boleh menyentuh bagian-bagian pedoman lain, sehingga setiap saat bagian-bagian dalam pedoman dapat mengayun dengan bebas.
4. Semat atau pasak pedoman harus benar-benar terpasang vertical ditengah-tengah ketel pedoman.
5. Tuas untuk menempatkan pesawat baring harus tepat dititik pusat Garis layar tepat pada bidang lunas linggi kapal.
Cara memeriksa ketepatan garis layar :
1. Buatlah sebuah tonggak dan berdirikan dibidang lunas linggi didepan pedoman pada jarak yang cukup, misalnya diujung haluan.
2. Baringlah tonggak tersebut dan pada saat yang sama lihatlah penunjukkan skala derajat oleh garis layar.
3. Bila kedua penunjukkan adalah sama berarti garis layar telah tepat.
Nama : Ahmad saifudin
BalasHapusKelas: XII NKPI 1
TES FORMATIF 1
jawaban:
1.Pedoman magnet adalah satu-satunya jenis pedoman yang tidak menggunakan kelistrikan
kapal, sehingga tetap dapat bekerja walaupun listrik kapal padam. Oleh karena itu IMO
(International Maritime Organization) melalui Konvensi SOLAS (Safety Of Life At Sea =
Keselamatan Jiwa di Laut) mensyaratkan bagi semua kapal niaga untuk dilengkapi dengan
pedoman magnet dengan menetapkan persyaratan konstruksi dan jumlahnya yang harus ada
di kapal.
2.a).Kompas analog merupakan kompas уаng umunya kita ѕеrіng temui dan mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya seperti kompas уаng digunakan saat kegiatan pramuka.
b).Berbeda dеngаn kompas digital. Kompas digital merupakan jenis kompas уаng ѕudаh menggunakan sistem digitalisasi. Yаng artinya, cara kerja kompas іnі ѕudаh menggunakan sistem komputerisasi.
3.Penyimpanan atau peletakan pedoman magnet dikapal harus:
1. Sedapat mungkin pada pertengahan kapal (diatas garis luanas kapal)
2. Jauh dari massa besi, yang terbagi tidak sama pada kedua sisi
3. Tidak ditempatkan dekat linggi-linggi karena disini terdapat kutub-kutub magnetisme
permanent (P & Q)
4. Jauh dari massa besi yang besar dan vertical (cerobong asap, tiang baja, penopang, dll)
5. Jauh dari besi lunak membujur dan melintang yang berjalan terus (most continous
iron/steel)
6. bebas pemandangan (untuk pedoman tolok)
TES FORMATIF 2
jawaban:
1.1. Pedoman Tolok (Standard Compass) yang diletakkan di atas anjungan, digunakan
untuk membaring benda diluar kapal, penempatnya diusahakan tidak terhalang oleh
bagian-bagian kapal sehingga dapat digunakan pada busur 360º. Pedoman ini juga
digunakan sebagai patokan bagi pedoman magnet yang lainnya.
2. Pedoman Kemudi (Steering Compass), yaitu pedoman magnet yang diletakkan
didepan roda kemudi, sehingga juru mudi dapat melihat setiap saat pada waktu
mengemudikan kapal. Pedoman ini diletakkan tepat dibawah pedoman standard agar
juru mudi mudah memeriksa perbedaan antara penunjukan pedoman tolok dan pedoman
kemudi.
3. Pedoman Cadangan (Spare Compass), berfungsi untuk mengganti salah satu
pedoman tolok atau pedoman kemudi bila terdapat kerusakan secara fisik.
2.
3.1. Sedapat mungkin pada pertengahan kapal (diatas garis luanas kapal)
2. Jauh dari massa besi, yang terbagi tidak sama pada kedua sisi
3. Tidak ditempatkan dekat linggi-linggi karena disini terdapat kutub-kutub magnetisme
permanent (P & Q)
4. Jauh dari massa besi yang besar dan vertical (cerobong asap, tiang baja, penopang, dll)
5. Jauh dari besi lunak membujur dan melintang yang berjalan terus (most continous
iron/steel)
6. bebas pemandangan (untuk pedoman tolok)
Nama : pandi
BalasHapusKelas : 12 NKPI 1
Tes formatif 1
1)Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi.
2)Kompas terbagi menjadi 3 jenis yaitu kompas orientering (kompas silva), kompas bidik (kompas prisma), serta kompas biasa. Kompas jenis bidik atau disebut juga sebagai kompas prisma, berfungsi untuk mempermudah serta menghitung sudut sasaran bidik suatu tempat ataupun benda secara langsung.
3)Kompas di kapal digunaka para pelaut untuk menunjukan arah dan di tempatkan di ruang kemudi untuk mencari arah mata angin.
Tes formatur 2
1)Bagian-Bagian dan Fungsi maknet
Dial : Permukaan diaman tertera angka/huruf seperti jam.
Visir : Pembidik Sasaran.
Kaca Pembesar : Untuk melihat sasaran dan angka pada Dial.
Jam Penunjuk : Menunjukkan lokasi magnet bumi.
Tutup Dial : Dengan 2 garis bersudut 450 dan dapat diputar-putar.
2)Kompas di kapal digunaka para pelaut untuk menunjukan arah dan di tempatkan di ruang kemudi untuk mencari arah mata angin.
3) A. biasanya kompas magnetik harus ditutupi dengan topi kompas (kompas standar harus ditutupi dengan Luo Jingtao).
B. menyimpan cairan dalam baskom yang jernih dan transparan dan menghilangkan gelembung.
C. menjaga poros rol, poros cincin Changping dilumasi, dan rotasi fleksibel.
D. secara berkala memeriksa sensitivitas setengah siklus kompas, dan mengembalikan cairan bila diperlukan.
E. Tidak ada benda magnet yang harus diletakkan di dekat kompas. Seharusnya tidak menyimpan kompas dalam suhu tinggi dan lingkungan getaran untuk waktu yang lama.
Nama : BENI IRPANI
BalasHapusKelas : 12 NKPI 2
Tes formatif 1
1)Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi.
2)Kompas terbagi menjadi 3 jenis yaitu kompas orientering (kompas silva), kompas bidik (kompas prisma), serta kompas biasa. Kompas jenis bidik atau disebut juga sebagai kompas prisma, berfungsi untuk mempermudah serta menghitung sudut sasaran bidik suatu tempat ataupun benda secara langsung.
3)Kompas di kapal digunaka para pelaut untuk menunjukan arah dan di tempatkan di ruang kemudi untuk mencari arah mata angin.
Tes formatur 2
1)Bagian-Bagian dan Fungsi maknet
Dial : Permukaan diaman tertera angka/huruf seperti jam.
Visir : Pembidik Sasaran.
Kaca Pembesar : Untuk melihat sasaran dan angka pada Dial.
Jam Penunjuk : Menunjukkan lokasi magnet bumi.
Tutup Dial : Dengan 2 garis bersudut 450 dan dapat diputar-putar.
2)Kompas di kapal digunaka para pelaut untuk menunjukan arah dan di tempatkan di ruang kemudi untuk mencari arah mata angin.
3) A. biasanya kompas magnetik harus ditutupi dengan topi kompas (kompas standar harus ditutupi dengan Luo Jingtao).
B. menyimpan cairan dalam baskom yang jernih dan transparan dan menghilangkan gelembung.
C. menjaga poros rol, poros cincin Changping dilumasi, dan rotasi fleksibel.
D. secara berkala memeriksa sensitivitas setengah siklus kompas, dan mengembalikan cairan bila diperlukan.
E. Tidak ada benda magnet yang harus diletakkan di dekat kompas. Seharusnya tidak menyimpan kompas dalam suhu tinggi dan lingkungan getaran untuk waktu yang lama.
NAMA : FAJAR DWI SAPUTRA
BalasHapusKELAS : 12 NKPI 1
FORMATIF 1.
1.Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi.
2).Kompas terbagi menjadi 3 jenis yaitu kompas orientering (kompas silva), kompas bidik (kompas prisma), serta kompas biasa. Kompas jenis bidik atau disebut juga sebagai kompas prisma, berfungsi untuk mempermudah serta menghitung sudut sasaran bidik suatu tempat ataupun benda secara langsung.
3).Kompas di kapal digunaka para pelaut untuk menunjukan arah dan di tempatkan di ruang kemudi untuk mencari arah mata angin.
TES FORMATIF 2.
1).Bagian-Bagian dan Fungsi maknet
Dial : Permukaan diaman tertera angka/huruf seperti jam.
Visir : Pembidik Sasaran.
Kaca Pembesar : Untuk melihat sasaran dan angka pada Dial.
Jam Penunjuk : Menunjukkan lokasi magnet bumi.
Tutup Dial : Dengan 2 garis bersudut 450 dan dapat diputar-putar.
2).Kompas di kapal digunaka para pelaut untuk menunjukan arah dan di tempatkan di ruang kemudi untuk mencari arah mata angin.
3). A. biasanya kompas magnetik harus ditutupi dengan topi kompas (kompas standar harus ditutupi dengan Luo Jingtao).
B. menyimpan cairan dalam baskom yang jernih dan transparan dan menghilangkan gelembung.
C. menjaga poros rol, poros cincin Changping dilumasi, dan rotasi fleksibel.
D. secara berkala memeriksa sensitivitas setengah siklus kompas, dan mengembalikan cairan bila diperlukan.
E. Tidak ada benda magnet yang harus diletakkan di dekat kompas. Seharusnya tidak menyimpan kompas dalam suhu tinggi dan lingkungan getaran untuk waktu yang lama
Assalamu'alaikum wr'wb
BalasHapusNama: Ahmad Abdul Wahid
Kelas:12 nkpi 2
TES FORMATIF 1
1) kompas magnet
= Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi
2) jenis-jenis kompas
kompas kering
kompas magnetkering adalah pedoman magnet dimana batang-batang magnet dipasang sejajar satu sama lain dan digantungkan dibawah mawar pedoman dengan menggunakan benang sutera, sehingga dapat bergerak bebas secara horizontal.
kompas basah
Pada kompas basah atau pedoman basah ini piring pedoman berada di dalam zat cair. Untuk itu ketel pedoman harus benar-benar kedap air dan konstruksinya lebih kuat dibanding pedoman magnet kering.
Fungsi cairan adalah untuk meredam getaran-getaran kapal sehingga piringan lebih tenang. Selain itu dapat mengurangi kemungkinan kerusakan pada semat, dan mawar pedoman.
3) Pedoman Tolok ( Standart Compass ) diletakkan di atas anjungan, digunakan untuk membaring benda diluar kapal, penempatannya diusahakan tidak terhalang oleh bagian-bagian kapal sehingga dapat digunakan pada busur 360 derajat. Pedoman ini digunakan sebagai patokan bagi pedoman magnet lainnya.
Pedoman Kemudi ( Steering Compass ) diletakkan di depan roda kemudi, sehingga juru mudi dapat melihat setiap saat pada waktu mengemudikan kapal. letak tepat dibawah pedoman standart agar juru mudi mudah memeriksa perbedaan antara pedoman tolok dan pedoman kemudi
Pedoman Cadangan ( Spare Compass ), berfungsi untuk mengganti salah satu pedoman tolok atau pedoman kemudi bila terdapat kerusakan secara fisik
TES FORMATIF 2
1)bagian kompas magnet-1. Ketel Pedoman
2. Piringan Pedoman
3. Batangan Magnit
4. Pelampung5. Pemberat
6. Cairan ( Alkohol 25 % dan Air Suling 75 % )
7. Cincin Kardanus (Cincin Lenja)8. Batang Semat
9. Tempat dudukan alat baring (Pesawat Penjera Celah)
10. Kaca Penutupfungsi kompas
fungsi kompas magnetmembaring suatu benda dan menentukan arah haluan kapal secara akurat sesuai magnetis bumi
2) 1. Harus ringan, sungkup piringan pedoman bagian bawahnya harus licin.
2. Tidak memiliki kesalahan kolimasi.
3. Pembagian derajatnya harus jelas, sehingga mudah dibaca dan dibuat secara teratur.
4. Besarnya piringan pedoman harus seimbang dengan besarnya ketel pedoman.
5. Piringan pedoman harus tenang namun peka.
6. Waktu ayun piringan pedoman harus cukup besar, yaitu minimum 14 detik agar tidak terjadi sinkronisasi dengan olengan kapal.
3) 1. Ketel pedoman tidak boleh mengandung magnit.
2. Pada saat kapal dalam keadaan diam, maka tutup kaca bening dibagian atas harus dalam keadaan datar.
3. Posisi ketel pedoman tidak boleh menyentuh bagian-bagian pedoman lain, sehingga setiap saat bagian-bagian dalam pedoman dapat mengayun dengan bebas.
4. Semat atau pasak pedoman harus benar-benar terpasang vertical ditengah-tengah ketel pedoman.
5. Tuas untuk menempatkan pesawat baring harus tepat dititik pusat Garis layar tepat pada bidang lunas linggi kapal.
Cara memeriksa ketepatan garis layar :
1. Buatlah sebuah tonggak dan berdirikan dibidang lunas linggi didepan pedoman pada jarak yang cukup, misalnya diujung haluan.
2. Baringlah tonggak tersebut dan pada saat yang sama lihatlah penunjukkan skala derajat oleh garis layar.
3. Bila kedua penunjukkan adalah sama berarti garis layar telah tepat
Assalamu'alaikum wr'wb
BalasHapusNama: Ahmad Abdul Wahid
Kelas:12 nkpi 2
TES FORMATIF 1
1) kompas magnet
= Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi
2) jenis-jenis kompas
kompas kering
kompas magnetkering adalah pedoman magnet dimana batang-batang magnet dipasang sejajar satu sama lain dan digantungkan dibawah mawar pedoman dengan menggunakan benang sutera, sehingga dapat bergerak bebas secara horizontal.
kompas basah
Pada kompas basah atau pedoman basah ini piring pedoman berada di dalam zat cair. Untuk itu ketel pedoman harus benar-benar kedap air dan konstruksinya lebih kuat dibanding pedoman magnet kering.
Fungsi cairan adalah untuk meredam getaran-getaran kapal sehingga piringan lebih tenang. Selain itu dapat mengurangi kemungkinan kerusakan pada semat, dan mawar pedoman.
3) Pedoman Tolok ( Standart Compass ) diletakkan di atas anjungan, digunakan untuk membaring benda diluar kapal, penempatannya diusahakan tidak terhalang oleh bagian-bagian kapal sehingga dapat digunakan pada busur 360 derajat. Pedoman ini digunakan sebagai patokan bagi pedoman magnet lainnya.
Pedoman Kemudi ( Steering Compass ) diletakkan di depan roda kemudi, sehingga juru mudi dapat melihat setiap saat pada waktu mengemudikan kapal. letak tepat dibawah pedoman standart agar juru mudi mudah memeriksa perbedaan antara pedoman tolok dan pedoman kemudi
Pedoman Cadangan ( Spare Compass ), berfungsi untuk mengganti salah satu pedoman tolok atau pedoman kemudi bila terdapat kerusakan secara fisik
TES FORMATIF 2
1)bagian kompas magnet-1. Ketel Pedoman
2. Piringan Pedoman
3. Batangan Magnit
4. Pelampung5. Pemberat
6. Cairan ( Alkohol 25 % dan Air Suling 75 % )
7. Cincin Kardanus (Cincin Lenja)8. Batang Semat
9. Tempat dudukan alat baring (Pesawat Penjera Celah)
10. Kaca Penutupfungsi kompas
fungsi kompas magnetmembaring suatu benda dan menentukan arah haluan kapal secara akurat sesuai magnetis bumi
2) 1. Harus ringan, sungkup piringan pedoman bagian bawahnya harus licin.
2. Tidak memiliki kesalahan kolimasi.
3. Pembagian derajatnya harus jelas, sehingga mudah dibaca dan dibuat secara teratur.
4. Besarnya piringan pedoman harus seimbang dengan besarnya ketel pedoman.
5. Piringan pedoman harus tenang namun peka.
6. Waktu ayun piringan pedoman harus cukup besar, yaitu minimum 14 detik agar tidak terjadi sinkronisasi dengan olengan kapal.
3) 1. Ketel pedoman tidak boleh mengandung magnit.
2. Pada saat kapal dalam keadaan diam, maka tutup kaca bening dibagian atas harus dalam keadaan datar.
3. Posisi ketel pedoman tidak boleh menyentuh bagian-bagian pedoman lain, sehingga setiap saat bagian-bagian dalam pedoman dapat mengayun dengan bebas.
4. Semat atau pasak pedoman harus benar-benar terpasang vertical ditengah-tengah ketel pedoman.
5. Tuas untuk menempatkan pesawat baring harus tepat dititik pusat Garis layar tepat pada bidang lunas linggi kapal.
Cara memeriksa ketepatan garis layar :
1. Buatlah sebuah tonggak dan berdirikan dibidang lunas linggi didepan pedoman pada jarak yang cukup, misalnya diujung haluan.
2. Baringlah tonggak tersebut dan pada saat yang sama lihatlah penunjukkan skala derajat oleh garis layar.
3. Bila kedua penunjukkan adalah sama berarti garis layar telah tepat
Nama:Mushap Amar
BalasHapusKelas:12 nkpi 2
Mapel: KMKG
TES FORMATIF 1
1) kompas magnet
= Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi
2) jenis-jenis kompas
kompas kering
kompas magnetkering adalah pedoman magnet dimana batang-batang magnet dipasang sejajar satu sama lain dan digantungkan dibawah mawar pedoman dengan menggunakan benang sutera, sehingga dapat bergerak bebas secara horizontal.
kompas basah
Pada kompas basah atau pedoman basah ini piring pedoman berada di dalam zat cair. Untuk itu ketel pedoman harus benar-benar kedap air dan konstruksinya lebih kuat dibanding pedoman magnet kering.
Fungsi cairan adalah untuk meredam getaran-getaran kapal sehingga piringan lebih tenang. Selain itu dapat mengurangi kemungkinan kerusakan pada semat, dan mawar pedoman.
3) Pedoman Tolok ( Standart Compass ) diletakkan di atas anjungan, digunakan untuk membaring benda diluar kapal, penempatannya diusahakan tidak terhalang oleh bagian-bagian kapal sehingga dapat digunakan pada busur 360 derajat. Pedoman ini digunakan sebagai patokan bagi pedoman magnet lainnya.
Pedoman Kemudi ( Steering Compass ) diletakkan di depan roda kemudi, sehingga juru mudi dapat melihat setiap saat pada waktu mengemudikan kapal. letak tepat dibawah pedoman standart agar juru mudi mudah memeriksa perbedaan antara pedoman tolok dan pedoman kemudi
Pedoman Cadangan ( Spare Compass ), berfungsi untuk mengganti salah satu pedoman tolok atau pedoman kemudi bila terdapat kerusakan secara fisik
TES FORMATIF 2
1)bagian kompas magnet-1. Ketel Pedoman
2. Piringan Pedoman
3. Batangan Magnit
4. Pelampung5. Pemberat
6. Cairan ( Alkohol 25 % dan Air Suling 75 % )
7. Cincin Kardanus (Cincin Lenja)8. Batang Semat
9. Tempat dudukan alat baring (Pesawat Penjera Celah)
10. Kaca Penutupfungsi kompas
fungsi kompas magnetmembaring suatu benda dan menentukan arah haluan kapal secara akurat sesuai magnetis bumi
2) 1. Harus ringan, sungkup piringan pedoman bagian bawahnya harus licin.
2. Tidak memiliki kesalahan kolimasi.
3. Pembagian derajatnya harus jelas, sehingga mudah dibaca dan dibuat secara teratur.
4. Besarnya piringan pedoman harus seimbang dengan besarnya ketel pedoman.
5. Piringan pedoman harus tenang namun peka.
6. Waktu ayun piringan pedoman harus cukup besar, yaitu minimum 14 detik agar tidak terjadi sinkronisasi dengan olengan kapal.
3) 1. Ketel pedoman tidak boleh mengandung magnit.
2. Pada saat kapal dalam keadaan diam, maka tutup kaca bening dibagian atas harus dalam keadaan datar.
3. Posisi ketel pedoman tidak boleh menyentuh bagian-bagian pedoman lain, sehingga setiap saat bagian-bagian dalam pedoman dapat mengayun dengan bebas.
4. Semat atau pasak pedoman harus benar-benar terpasang vertical ditengah-tengah ketel pedoman.
5. Tuas untuk menempatkan pesawat baring harus tepat dititik pusat Garis layar tepat pada bidang lunas linggi kapal.
Cara memeriksa ketepatan garis layar :
1. Buatlah sebuah tonggak dan berdirikan dibidang lunas linggi didepan pedoman pada jarak yang cukup, misalnya diujung haluan.
2. Baringlah tonggak tersebut dan pada saat yang sama lihatlah penunjukkan skala derajat oleh garis layar.
3. Bila kedua penunjukkan adalah sama berarti garis layar telah tepat.
Nama : ALI YAHYA
BalasHapusKelas : 12 NKPI 2
Tes formatif 1
1)Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi.
2)Kompas terbagi menjadi 3 jenis yaitu kompas orientering (kompas silva), kompas bidik (kompas prisma), serta kompas biasa. Kompas jenis bidik atau disebut juga sebagai kompas prisma, berfungsi untuk mempermudah serta menghitung sudut sasaran bidik suatu tempat ataupun benda secara langsung.
3)Kompas di kapal digunaka para pelaut untuk menunjukan arah dan di tempatkan di ruang kemudi untuk mencari arah mata angin.
Tes formatur 2
1)Bagian-Bagian dan Fungsi maknet
Dial : Permukaan diaman tertera angka/huruf seperti jam.
Visir : Pembidik Sasaran.
Kaca Pembesar : Untuk melihat sasaran dan angka pada Dial.
Jam Penunjuk : Menunjukkan lokasi magnet bumi.
Tutup Dial : Dengan 2 garis bersudut 450 dan dapat diputar-putar.
2)Kompas di kapal digunaka para pelaut untuk menunjukan arah dan di tempatkan di ruang kemudi untuk mencari arah mata angin.
3) A. biasanya kompas magnetik harus ditutupi dengan topi kompas (kompas standar harus ditutupi dengan Luo Jingtao).
B. menyimpan cairan dalam baskom yang jernih dan transparan dan menghilangkan gelembung.
C. menjaga poros rol, poros cincin Changping dilumasi, dan rotasi fleksibel.
D. secara berkala memeriksa sensitivitas setengah siklus kompas, dan mengembalikan cairan bila diperlukan.
E. Tidak ada benda magnet yang harus diletakkan di dekat kompas. Seharusnya tidak menyimpan kompas dalam suhu tinggi dan lingkungan getaran untuk waktu yang lama.
Nama:Azi Wiryanto
BalasHapusKelas:12 nkpi 1
TES FORMATIF 1
1) kompas magnet
= Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi
2) jenis-jenis kompas
kompas kering
kompas magnetkering adalah pedoman magnet dimana batang-batang magnet dipasang sejajar satu sama lain dan digantungkan dibawah mawar pedoman dengan menggunakan benang sutera, sehingga dapat bergerak bebas secara horizontal.
kompas basah
Pada kompas basah atau pedoman basah ini piring pedoman berada di dalam zat cair. Untuk itu ketel pedoman harus benar-benar kedap air dan konstruksinya lebih kuat dibanding pedoman magnet kering.
Fungsi cairan adalah untuk meredam getaran-getaran kapal sehingga piringan lebih tenang. Selain itu dapat mengurangi kemungkinan kerusakan pada semat, dan mawar pedoman.
3) Pedoman Tolok ( Standart Compass ) diletakkan di atas anjungan, digunakan untuk membaring benda diluar kapal, penempatannya diusahakan tidak terhalang oleh bagian-bagian kapal sehingga dapat digunakan pada busur 360 derajat. Pedoman ini digunakan sebagai patokan bagi pedoman magnet lainnya.
Pedoman Kemudi ( Steering Compass ) diletakkan di depan roda kemudi, sehingga juru mudi dapat melihat setiap saat pada waktu mengemudikan kapal. letak tepat dibawah pedoman standart agar juru mudi mudah memeriksa perbedaan antara pedoman tolok dan pedoman kemudi
Pedoman Cadangan ( Spare Compass ), berfungsi untuk mengganti salah satu pedoman tolok atau pedoman kemudi bila terdapat kerusakan secara fisik
TES FORMATIF 2
1)bagian kompas magnet-1. Ketel Pedoman
2. Piringan Pedoman
3. Batangan Magnit
4. Pelampung5. Pemberat
6. Cairan ( Alkohol 25 % dan Air Suling 75 % )
7. Cincin Kardanus (Cincin Lenja)8. Batang Semat
9. Tempat dudukan alat baring (Pesawat Penjera Celah)
10. Kaca Penutupfungsi kompas
fungsi kompas magnetmembaring suatu benda dan menentukan arah haluan kapal secara akurat sesuai magnetis bumi
2) 1. Harus ringan, sungkup piringan pedoman bagian bawahnya harus licin.
2. Tidak memiliki kesalahan kolimasi.
3. Pembagian derajatnya harus jelas, sehingga mudah dibaca dan dibuat secara teratur.
4. Besarnya piringan pedoman harus seimbang dengan besarnya ketel pedoman.
5. Piringan pedoman harus tenang namun peka.
6. Waktu ayun piringan pedoman harus cukup besar, yaitu minimum 14 detik agar tidak terjadi sinkronisasi dengan olengan kapal.
3) 1. Ketel pedoman tidak boleh mengandung magnit.
2. Pada saat kapal dalam keadaan diam, maka tutup kaca bening dibagian atas harus dalam keadaan datar.
3. Posisi ketel pedoman tidak boleh menyentuh bagian-bagian pedoman lain, sehingga setiap saat bagian-bagian dalam pedoman dapat mengayun dengan bebas.
4. Semat atau pasak pedoman harus benar-benar terpasang vertical ditengah-tengah ketel pedoman.
5. Tuas untuk menempatkan pesawat baring harus tepat dititik pusat Garis layar tepat pada bidang lunas linggi kapal.
Cara memeriksa ketepatan garis layar :
1. Buatlah sebuah tonggak dan berdirikan dibidang lunas linggi didepan pedoman pada jarak yang cukup, misalnya diujung haluan.
2. Baringlah tonggak tersebut dan pada saat yang sama lihatlah penunjukkan skala derajat oleh garis layar.
3. Bila kedua penunjukkan adalah sama berarti garis layar telah tepat.
NAMA : RIZKI FADILAH
BalasHapusKELAS :XII NKPI 1
MAPEL :BAT
TES FORMATIF 1
1) kompas magnet
= Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi
2) jenis-jenis kompas
kompas kering
kompas magnetkering adalah pedoman magnet dimana batang-batang magnet dipasang sejajar satu sama lain dan digantungkan dibawah mawar pedoman dengan menggunakan benang sutera, sehingga dapat bergerak bebas secara horizontal.
kompas basah
Pada kompas basah atau pedoman basah ini piring pedoman berada di dalam zat cair. Untuk itu ketel pedoman harus benar-benar kedap air dan konstruksinya lebih kuat dibanding pedoman magnet kering.
Fungsi cairan adalah untuk meredam getaran-getaran kapal sehingga piringan lebih tenang. Selain itu dapat mengurangi kemungkinan kerusakan pada semat, dan mawar pedoman.
3) Pedoman Tolok ( Standart Compass ) diletakkan di atas anjungan, digunakan untuk membaring benda diluar kapal, penempatannya diusahakan tidak terhalang oleh bagian-bagian kapal sehingga dapat digunakan pada busur 360 derajat. Pedoman ini digunakan sebagai patokan bagi pedoman magnet lainnya.
Pedoman Kemudi ( Steering Compass ) diletakkan di depan roda kemudi, sehingga juru mudi dapat melihat setiap saat pada waktu mengemudikan kapal. letak tepat dibawah pedoman standart agar juru mudi mudah memeriksa perbedaan antara pedoman tolok dan pedoman kemudi
Pedoman Cadangan ( Spare Compass ), berfungsi untuk mengganti salah satu pedoman tolok atau pedoman kemudi bila terdapat kerusakan secara fisik
TES FORMATIF 2
1)bagian kompas magnet-1. Ketel Pedoman
2. Piringan Pedoman
3. Batangan Magnit
4. Pelampung5. Pemberat
6. Cairan ( Alkohol 25 % dan Air Suling 75 % )
7. Cincin Kardanus (Cincin Lenja)8. Batang Semat
9. Tempat dudukan alat baring (Pesawat Penjera Celah)
10. Kaca Penutupfungsi kompas
fungsi kompas magnetmembaring suatu benda dan menentukan arah haluan kapal secara akurat sesuai magnetis bumi
2) 1. Harus ringan, sungkup piringan pedoman bagian bawahnya harus licin.
2. Tidak memiliki kesalahan kolimasi.
3. Pembagian derajatnya harus jelas, sehingga mudah dibaca dan dibuat secara teratur.
4. Besarnya piringan pedoman harus seimbang dengan besarnya ketel pedoman.
5. Piringan pedoman harus tenang namun peka.
6. Waktu ayun piringan pedoman harus cukup besar, yaitu minimum 14 detik agar tidak terjadi sinkronisasi dengan olengan kapal.
3) 1. Ketel pedoman tidak boleh mengandung magnit.
2. Pada saat kapal dalam keadaan diam, maka tutup kaca bening dibagian atas harus dalam keadaan datar.
3. Posisi ketel pedoman tidak boleh menyentuh bagian-bagian pedoman lain, sehingga setiap saat bagian-bagian dalam pedoman dapat mengayun dengan bebas.
4. Semat atau pasak pedoman harus benar-benar terpasang vertical ditengah-tengah ketel pedoman.
5. Tuas untuk menempatkan pesawat baring harus tepat dititik pusat Garis layar tepat pada bidang lunas linggi kapal.
Cara memeriksa ketepatan garis layar :
1. Buatlah sebuah tonggak dan berdirikan dibidang lunas linggi didepan pedoman pada jarak yang cukup, misalnya diujung haluan.
2. Baringlah tonggak tersebut dan pada saat yang sama lihatlah penunjukkan skala derajat oleh garis layar.
3. Bila kedua penunjukkan adalah sama berarti garis layar telah tepat.
Maaf telat Bu
HapusNama :HERI PURNOMO AJI
BalasHapusKelas:12 NKPI 1
Mapel:KMKG
TES FORMATIF 1
1) kompas magnet
= Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi.
2) jenis-jenis kompas
kompas kering
kompas magnetkering adalah pedoman magnet dimana batang-batang magnet dipasang sejajar satu sama lain dan digantungkan dibawah mawar pedoman dengan menggunakan benang sutera, sehingga dapat bergerak bebas secara horizontal.
kompas basah
Pada kompas basah atau pedoman basah ini piring pedoman berada di dalam zat cair. Untuk itu ketel pedoman harus benar-benar kedap air dan konstruksinya lebih kuat dibanding pedoman magnet kering.
Fungsi cairan adalah untuk meredam getaran-getaran kapal sehingga piringan lebih tenang. Selain itu dapat mengurangi kemungkinan kerusakan pada semat, dan mawar pedoman.
3) Pedoman Tolok ( Standart Compass ) diletakkan di atas anjungan, digunakan untuk membaring benda diluar kapal, penempatannya diusahakan tidak terhalang oleh bagian-bagian kapal sehingga dapat digunakan pada busur 360 derajat. Pedoman ini digunakan sebagai patokan bagi pedoman magnet lainnya.
Pedoman Kemudi ( Steering Compass ) diletakkan di depan roda kemudi, sehingga juru mudi dapat melihat setiap saat pada waktu mengemudikan kapal. letak tepat dibawah pedoman standart agar juru mudi mudah memeriksa perbedaan antara pedoman tolok dan pedoman kemudi
Pedoman Cadangan ( Spare Compass ), berfungsi untuk mengganti salah satu pedoman tolok atau pedoman kemudi bila terdapat kerusakan secara fisik.
😊😊😊😊
TES FORMATIF 2
1)bagian kompas magnet-1. Ketel Pedoman
2. Piringan Pedoman
3. Batangan Magnit
4. Pelampung5. Pemberat
6. Cairan ( Alkohol 25 % dan Air Suling 75 % )
7. Cincin Kardanus (Cincin Lenja)8. Batang Semat
9. Tempat dudukan alat baring (Pesawat Penjera Celah)
10. Kaca Penutupfungsi kompas
fungsi kompas magnetmembaring suatu benda dan menentukan arah haluan kapal secara akurat sesuai magnetis bumi
2) 1. Harus ringan, sungkup piringan pedoman bagian bawahnya harus licin.
2. Tidak memiliki kesalahan kolimasi.
3. Pembagian derajatnya harus jelas, sehingga mudah dibaca dan dibuat secara teratur.
4. Besarnya piringan pedoman harus seimbang dengan besarnya ketel pedoman.
5. Piringan pedoman harus tenang namun peka.
6. Waktu ayun piringan pedoman harus cukup besar, yaitu minimum 14 detik agar tidak terjadi sinkronisasi dengan olengan kapal.
3) 1. Ketel pedoman tidak boleh mengandung magnit.
2. Pada saat kapal dalam keadaan diam, maka tutup kaca bening dibagian atas harus dalam keadaan datar.
3. Posisi ketel pedoman tidak boleh menyentuh bagian-bagian pedoman lain, sehingga setiap saat bagian-bagian dalam pedoman dapat mengayun dengan bebas.
4. Semat atau pasak pedoman harus benar-benar terpasang vertical ditengah-tengah ketel pedoman.
5. Tuas untuk menempatkan pesawat baring harus tepat dititik pusat Garis layar tepat pada bidang lunas linggi kapal.
Cara memeriksa ketepatan garis layar :
1. Buatlah sebuah tonggak dan berdirikan dibidang lunas linggi didepan pedoman pada jarak yang cukup, misalnya diujung haluan.
2. Baringlah tonggak tersebut dan pada saat yang sama lihatlah penunjukkan skala derajat oleh garis layar.
3. Bila kedua penunjukkan adalah sama berarti garis layar telah tepat.
Izin promo ya Admin^^
BalasHapusBosan gak tau mau ngapain, ayo buruan gabung dengan kami
minimal deposit dan withdraw nya hanya 15 ribu rupiah ya :D
Kami Juga Menerima Deposit Via Pulsa x-)
- Telkomsel
- GOPAY
- Link AJA
- OVO
- DANA
segera DAFTAR di WWW.AJOKARTU.COMPANY ....:)